Taman Jinja Karangasem, Destinasi Wisata Terbaru Bali Mirip Di Jepang

Taman Jinja Karangasem, Destinasi Wisata Terbaru Bali Mirip Di Jepang

Kabupaten Karangasem yang terletak di Pulau Bali hampir setiap tahun selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan / wisatawati. Hal ini disebabkan karena kabupaten ini menyimpan pesona alam berupa keindahan daerah pedesaan tak jauh dari kaki Gunung Agung yang pas dikemas sebagai objek wisata alam. Pada tahun 2019, Karangasem kembali menawarkan destinasi wisata alam terbaru yang diharapkan mampu memikat hati para wisatawan agar bersedia liburan ke tempat ini, nama tempat wisata alam tersebut adalah Taman Jinja Karangasem.  

Taman Jinja Karangasem merupakan destinasi wisata terbaru yang diresmikan pada tanggal 14 Februari 2019. Keberadaan tempat wisata ini adalah kombinasi antara keindahan alam yang masih perawan di Kabupaten Karangasem dengan desain unik khas gaya arsitektur taman ala Cina Tionghoa / Jepang menjadikan perpaduan ini tampil serasi. Anda seperti tengah berada di salah satu kesunyian alam pedesaan yang terletak di Jepang ! 

‘Torii’, Taman Jinja Karangasem Seperti Memberi Kesan Suasana Alam Pedesaan Di Jepang  

Jalan – jalan dengan menelusuri jalan – jalan setapak mengelilingi area kawasan wisata ini seperti anda sedang mendaki menuju ke puncak bukit yang mampu menyuguhkan suasana seperti alam pedesaan di Jepang ketika anda melalui torii yang memagari taman wisata terbaru di Pulau Bali ini. Torii adalah pintu gerbang untuk memasuki kuil – kuil Shinto ala Pulau Dewata di Bali. Torii di Jepang pada umumnya didesain dengan memakai palang sejajar untuk selanjutnya ditunjang dengan diberi tambahan dua batang vertikal. Torii ala Jepang di sini diberi cat berwarna merah agar terlihat mencolok dari kaki bukit sebagai salah satu daya pikat untuk para pengunjung.  

Di Jepang, torii berfungsi sebagai pintu gerbang untuk menuju ke bangunan utama kuil. Keberadaannya berperan sebagai patok / pembatas antara wilayah tempat tinggal warga setempat dengan area wisata yang merupakan media spiritual untuk dijadikan sebagai tempat penyembahan para penganut Agama Shinto Jepang di Bali. Torii ala Taman Jinja Karangasem ini mempunyai bentuk menyerupai torii di Jepang. Torii – torii di sini dicat dengan menggunakan warna merah di bagian atas serta warna hitam pada bagian dasar dari kayu penyangganya yang kokoh. Torii di Taman Jinja rata – rata cenderung mempunyai fungsi spiritual yang keberadaannya bermanfaat sebagai salah satu sarana untuk mempercantik dekorasi taman.  

Taman Jinja dengan koleksi toriinya yang menarik didesain berjajar sama tinggi yang bertujuan agar pas dijadikan sebagai tempat untuk objek foto yang ‘instagramable’. Jejeran torii terlihat unik dalam jepretan kamera apalagi jika dilakukan ketika cuaca sedang berkabut, anda seperti sedang menangkap objek foto berupa istana di atas langit yang dikelilingi oleh awan serba putih cukup tebal. Jejeran torii adalah menjadi tempat favorit para wisatawan untuk berpose karena akan menghasilkan foto selfie yang eksotik dan natural.  

Para wisatawan yang memilih untuk liburan ke tempat ini tidak hanya akan merasakan suasana alam pedesaan di Jepang namun juga menemukan sebuah tempat yang bersih dan asri dalam lingkungan suasana alam pedesaan yang serba alami termasuk bisa secara langsung bergaul dengan warga setempat yang ramah dan sangat sopan dalam menyapa tamu adalah dari Suku Bali dengan tradisi rutinitas menjalankan ajaran Agama Hindu yang menjadi latarbelakang kawasan wisata ini cukup spiritual untuk anda kenali (disarankan melakukannya pada waktu pagi hari). Berdekatan dengan Taman Jinja, terhampar luas perkebunan warga dimana anda bisa melihat secara langsung ragam jenis tanaman sayur, buah – buahan merambat atau tanaman hias bunga dikembangkan dalam skala besar karena cuaca di sekitar tempat ini agak dingin / sejuk dengan kondisi tanah sangat subur karena berdekatan dengan area Gunung Agung. 

Karena masih baru, tempat ini masih dikelola oleh warga sekitarnya dimana mereka tidak mematok tarif tertentu bagi para wisatawan untuk masuk ke dalamnya. Sebagai gantinya, anda dapat memilih untuk menyumbang / berdonasi sesuai dengan kemampuan.  

Lokasi Taman Jinja Karangasem  

Taman Jinja di Karangasem berlokasi di Banjar Angsoka yang termasuk ke dalam wilayah Desa Besakih di Kecamatan Rendang. Tempat wisata terbaru di Bali ini berdekatan dengan wilayah Pura Besakih yang merupakan pura terbesar yang memiliki peran penting terhadap keselamatan dan kemakmuran masyarakat di Pulau Bali. Jika anda datang dari arah Kuta Denpasar Bali, membutuhkan perjalanan sekitar satu setengah jam berkendara roda empat untuk bisa menjangkau tempat yang dimaksud.  

Karena kawasan wisata ini masih baru maka petunjuk – petunjuk jalan agak jarang ada sehingga anda bisa meminjam petunjuk jalan menuju ke Pura Besakih, karena keduanya memiliki lokasi searah. Sekitar 100 meter sebelum Pura Besakih, belok ke arah kanan lalu ikuti beberapa petunjuk yang sudah terpasang, maka anda akan berjumpa dengan kawasan wisata Taman Edelweiss yang letaknya berdekatan dengan Taman Jinja.  

Taman Jinja Karangasem Sebagai Destinasi Terbaru Di Bali  

Seperti dijelaskan tersebut di atas, keberadaan torii di Taman Jinja inilah yang menyebabkan anda serasa berada di Jepang, dimana diketahui bahwa torii merupakan pintu gerbang pertama yang harus dilalui saat anda akan masuk ke kuil – kuil Shinto ala Pulau Dewata, Bali di sekitarnya.  

Didukung oleh suasana nan asri dan teduh, tak hanya bangunan – bangunan di sini didesain dengan gaya arsitektur Jepang tetapi taman – taman sekitarnya juga menyuguhkan suasana yang asri, sejuk dan nyaman serta teduh karena ada banyak pohon rindang berusia tua terlihat unik menaungi jalan – jalan sekeliling taman karena lokasi wisata memang sengaja dibangun berdekatan dengan perkebunan warga. Inilah yang menjadi kelebihannya yaitu berlibur sambil sekaligus menyaksikan berbagai macam tanaman sayur / buah termasuk bunga di pinggir kawasan wisata. Banyak terlihat burung liar beterbangan sekedar melintas begitu saja di atas ladang / pepohonan dan kadang – kadang ada yang bertengger untuk istirahat sejenak di atas torii. 

Sejak zaman dahulu pesona Bali memang dikenal luar biasa menarik sehingga banyak yang berkunjung ke sini untuk beragam keperluan baik itu dari pengunjung lokal hingga turis mancanegara suka menikmati objek wisata spiritual yang sedang hits saat ini di Pulau Seribu Pura ini.  

Meskipun baru dibuka namun sudah mampu menemukan identitas diri yaitu cenderung menyuguhkan objek wisata spiritual bernuansa pemandangan alam pedesaan yang alami, cocok dijadikan sebagai tujuan berlibur bersama keluarga terutama anak – anak tercinta akan dengan suka hati bermain sambil belajar mengenal kelebihan alam lalu mendekatkan diri dengan suasana alam nan sunyi namun aman dan nyaman yang diharapkan dapat mengajarkan kepada mereka agar mencintai alam sehingga mampu menumbuhkan sifat sabar di dalam diri anak – anak.  

Tak jauh dari lokasi wisata ini, berdiri ‘Taman Edelweiss’ yang menyuguhkan suasana alam bebukitan lebih natural dimana sangat tepat dikunjungi oleh anda yang gemar mengkoleksi foto – foto pemandangan alam pedesaan nan eksotik di Pulau Bali, maka segera luangkan sedikit waktu buat berkunjung ke sini. Anda juga dapat menikmati wisata arung jeram (rating) di Sungai Telaga Waja, pemandangan alam berupa sawah ‘terasering’ di Sidemen dan lembah cantik yang bisa dinikmati dari atas Puncak Bukit Putung di Desa Duda Timur.  

Masuk ke area taman belum dikenakan biaya tiket masuk, taman ini dibuka setiap hari antara pukul 08.00 s/d 19.00 WITA, dimana pada bulan – bulan musim semi, kawasan wisata ini akan mampu tampil lebih cantik karena sedang musim panen di ladang – ladang warga didukung oleh taman bunga bermekaran mengelilingi kawasan wisata.  

Para turis mancanegara yang sudah pernah melancong ke sini pastilah akan memberikan komentar bahwa kawasan wisata ini ibarat sedang berada di Jepang ala Pulau Dewata, Bali, disebabkan karena keberadaan ornamen dari bambu dan kayu yang kokoh menghiasi sepanjang jalan – jalan setapak seperti tak berujung, dimana nun jauh di belakang lokasi wisata berdiri dengan anggun Gunung Agung yang gagah. Pemandangan alam disini memang instagramable sehingga tak mengherankan kerap dijadikan sebagai objek foto unik dan viral pada beberapa sosial media. Sejumlah wahana pendukung antara lain kuil – kuil Shinto bergaya Bali, rumah – rumah bambu untuk beristirahat sejenak, ‘deck view’, taman bunga, dll. Apabila anda sedang beruntung yaitu tepat waktu berkunjung pada waktu pagi hari, maka anda seolah – olah sedang berada di atas negeri awan karena kawasan wisata ini dikelilingi oleh kabut putih tebal yang seperti selimut menutupi taman menyebabkan udara semakin sejuk untuk dinikmati.  

Nah demikian kami menjelaskan tentang Taman Jinja Karangasem, Destinasi Wisata Terbaru Bali Mirip Dengan Di Jepang, semoga ke depan, kawasan wisata baru ini semakin banyak mendapatkan kunjungan wisata dan bermanfaat bagi para pembaca ! 


Author
Nila

Suka menulis dan membaca

Komentari
  • 0 komentar
Silahkan login untuk berkomentar

Belum ada komentar