Persiapan Sebelum Membuat Blog Self Hosted

Persiapan Sebelum Membuat Blog Self Hosted

Persiapan Sebelum Membuat Blog Self Hosted - Dengan memilih blog self hosted, hal tersebut berarti anda mempunyai kepemilikan penuh dari blog yang anda miliki. Ibaratnya seperti hal ini, anda membeli sebuah apartment atau rumah.

Apabila memakai blog dengan free hosted, baik itu wordpress, blogspot, maupun penyedia hosting blog gratis lainnya, anda ibarat membeli sebuah apartment.

Anda hanya akan memperoleh hak pakai dari blog itu saja. Sedangkan apabila anda menggunakan blog self hosted, ibaratnya anda membeli sebuah rumah. Jadi anda benar-benar akan mendapatkan hak milik blog yang anda punyai itu sendiri.  

Persiapan Membuat Blog Self Hosted

Dengan demikian apabila anda memilih blog self hosting sama seperti saat membeli rumah, anda bertanggungjawab penuh dari rumah yang sudah anda beli tersebut. Jika ingin dirubah seperti apapun itu juga sudah menjadi hak anda sendiri.

Ingin di desain seperti apapun itu terserah anda karena itu memang punya anda sendiri. Sama seperti hal tersebut juga pada blog self hosted anda, ingin tampilannya sesuai dengan keinginan silakan saja.

Untuk dari sisi perawatan juga, pastinya jika anda beli sebuah rumah, tanggung jawab renovasi, siaga terhadap pencurian dan hal lainnya pun menjadi tanggung jawab anda sendiri. Tanggung jawab atas blog tersebut harus segera anda pastikan.

Jangan sampai terjadi kehilangan maupun rumah anda tidak terawat hingga terdapat sarang laba-laba di mana-mana.

Seperti itulah blog self hosted, tanggung jawab untuk perawatan dari blog tersebut berada di tangan anda sebagai pemilik.

Sebenarnya untuk membuat blog self host hanya butuh waktu sedikitnya 20 menit. Tetapi, Anda harus memilih kategori blog, nama domain, serta tema blog yang akan digunakan. Apabila belum, pastinya proses pembuatannya akan lebih lama. Lalu, untuk menentukan konten yang isinya berkualitas juga akan membutuhkan waktu lebih banyak.

Tidak memerlukan banyak dana untuk membuat blog self hosted, bahkan sebenarnya anda dapat membuat blog dengan gratis dari pemanfaatan layanan dari penyedia hosting. Namun dengan memakai layanan gratis tersebut, pastinya anda akan menjumpai terdapat banyak batasan-batasan tertentu yang harus anda terima. Untuk itu, lebih baik anda menggunakan blog self hosted.

Author
Elfi

Komentari
  • 1 komentar
Silahkan login untuk berkomentar

Daffa 020
Daffa 020 25 Januari 2020 22:39 wib
Ok
Komentar lainnya