Pengertian Politik Luar Negeri

Pengertian Politik Luar Negeri

Memahami pengertian politik luar negeri adalah arah kebijakan dari suatu negara untuk tentunya dapat mengatur hubungan dengan negara lain, tentunya juga untuk dapat menentukan sebuah tujuan kepentingan nasional suatu negara yang ada di ranah internasional.  

Jika dilihat secara umum, politik luar negeri (foreign policy) adalah strategi suatu negara untuk berurusan dengan negara lain berdasarkan nilai, sikap, arah dan tujuan untuk kepentingan nasional negara tersebut di kancah internasional. Oleh karena itu, setiap negara memiliki politik luar negerinya sendiri tergantung pada tujuan nasional negara tersebut.

Politik Luar Negeri (Dasar)

Politik luar negeri dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Namun, politik luar negeri merupakan cerminan dari keinginan dan aspirasi semua rakyat suatu negara yang harus diperjuangkan oleh pemerintah mereka di dunia internasional dalam upaya menentukan partisipasi negara dalam bidang politik internasional.

Faktor dasar yang dapat mempengaruhi politik luar negeri adalah:

  • Faktor Domestik (dalam negeri)

Faktor internal yang mempengaruhi politik luar negeri beragam. Misalnya, sistem pemerintahan, kondisi daerah, tujuan nasional negara, kepentingan negara dan ideologi bangsa.

Selain itu, perubahan yang sering terjadi pada pemimpin pemerintahan juga mempengaruhi politik luar negeri. Setiap pemimpin pemerintahan memiliki politik mereka sendiri terhadap politik luar negeri.

  • Faktor Luar Negeri

Faktor asing memiliki pengaruh kuat terhadap politik luar negeri suatu negara. Globalisasi memfasilitasi hubungan suatu negara dengan negara lain.

Pesatnya perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi memudahkan kita untuk mengetahui peristiwa yang terjadi di negara lain.

Tentunya dengan adanya arus globalisasi, setiap negara akan dapat dituntut untuk menjalin hubungan yang ada dengan negara lain. Hubungan antar negara tidak terlepas dari kepentingan negara masing-masing. Kepentingan negara yang satu ini juga akan dapat berpengaruh terhadap politik luar negeri negara tersebut.

Politik luar negeri Indonesia

Sudah disebutkan jika tiap-tiap negara memiliki politik luar negerinya sendiri, hal tersebut juga bergantung pada tujuan nasional negara tersebut.

Demikian pula pada politik luar negeri Indonesia, yaitu yang memiliki sifat bebas dan aktif. Bebas berarti bahwa negara Indonesia tidak memihak salah satu blok kekuatan di dunia. Aktif berarti bahwa negara Indonesia selalu aktif dalam menciptakan perdamaian dunia dan aktif dalam memecahkan masalah internasional.

Demikian adalah pengertian politik luar negeri, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih

Author
Elfi

Komentari
  • 0 komentar
Silahkan login untuk berkomentar

Belum ada komentar