Pengertian Dan Prinsip Kerja Booting

Pengertian Dan Prinsip Kerja Booting

Pengertian Dan Prinsip Kerja Booting - Apakah kalian tahu ketika anda baru menyalakan suatu komputer sebutan apa yang terjadi pada prosesnya?

Apakah anda tahu cara untuk memperbaiki komputer yang tiba-tiba bermasalah? Ya, kedua jawaban dari pertanyaan itu adalah booting.

Mungkin sebagian besar dari kita kurang familiar dengan sebutan proses booting, terutama selain bloger maupun teknisi komputer.

Padahal yang mungkin belum anda sadari adalah, proses booting lah yang membuat komputer anda dapat menyala / bekerja.

Tidak hanya itu, dengan melakukan booting maka komputer anda yang sedikit bermasalah juga akan teratasi dengan adanya proses booting. Agar kita dapat lebih jauh memahami proses booting, Maka simak artikel berikut mengenai pengertian dan prinsip kerja booting: 

Pengertian Booting

Booting merupakan sistem operasi yang dimana terdapat proses arus listrik yang masuk kedalam peralatan komputer, sehingga komputer tersebut dapat bekerja dan berkomunikasi dengan brainware.

Prinsip Kerja Booting

Pada saat komputer dinyalakan, maka processor akan mengirim instruksi ke BIOS agar dapat mencari alamat-alamat hardware.

Lalu, system kerja berikutnya adalah BIOS dapat memegang system operasi komputer namun hanya sementara. Hal ini bertujuan untuk memeriksa sumber data yang terdapat didalam memori.

Jika system tersebut bermasalah, maka BIOS akan terhenti, tetapi masih dapat mengirimkan tanda bahwa sedang ada masalah dengan device dan sumber data lain.setelah itu, proses BIOS akan berlanjut ke search kartu grafis komputer yang kemudian dapat mengaktifkannya.

BIOS akan melakukan tester pada ROM dalam proses ini. Selanjutnya, apabila dan system kerja sebelum-sebelumnya sudah selesai, maka BIOS akan mencari SO yang terunggah pada memori dan kemudian menghidupkannya.

Namun, apabila system operasi komputer bermasalah, maka secara otomatis processor akan menampilkan BIOS pada dekstop.

Baca Juga :

Setelah itu, BIOS akan berubah menjadi system operasi, dan kalian sudah dapat menggunakan komputer tersebut dengan normal.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai pengertian dan prinsip kerja booting, semoga ini bermanfaat bagi kita semua. Dan apabila komputer kalian perlu dilakukan proses booting, maka kalian sudah bisa mengetahuinya.

Author
Elfi

Komentari
  • 0 komentar
Silahkan login untuk berkomentar

Belum ada komentar