Pengertian dan Penjelasan Lengkap Waralaba

Pengertian dan Penjelasan Lengkap Waralaba

Kita pasti sudah sering mendengar istilah Waralaba, lalu tahukah Anda apa yang dimaksud dengan waralaba? Dalam bahasa Inggris sendiri Waralaba disebut dengan franchising dan dalam bahasa Perancis yaitu franchise, Waralabasendiri adalah hubungan bisnis atau usaha antara owner atau pemilik merek, produk maupun sistem operasional dengan pihak yang lain bisa dalam pemberian sebuah izin dari pemakaian merek, produk atau sebuah sistem operasional dalam jangka yang cukup lama yang telah ditentukan atau disepakati sebelumnya. 

Definisi lainnya dari Waralaba adalah sebuah bentuk kerjasama bisnis atau sebuah usaha dengan memakai prinsip kemitraan, sebuah perusahaan yang sudah mapan baik dalam hal manajemen atau sistemnya, keuangan maupun marketingnya serta adanya produk perusahaan yang sudah dikenal luas oleh banyak masyarakat, dengan perusahaan ataupun individu yang memakai merek dari produk maupun sistem tersebut itulah yang disebut dengan Waralaba, sederhananya Waralaba adalah sebuah bentuk kerjasama perusahaan dengan pihak kedua dalam hal izin pemakaian merek atau produk.

Jenis Waralaba

Jenis dari pada Waralaba sendiri bisa kita bedakan menjadi dua bagian diantaranya sebagai berikut ini:

  • Waralaba Luar Negeri

Jenis dari Waralaba yang satu ini yang paling banyak diminati oleh banyak pembisnis, karena sistem yang ada di dalamnya sudah sangat jelas, serta merek produknya sudah dapat diterima oleh masyarakat dunia serta dirasakan jauh lebih bergengsi daripada yang lainnya.

  • Waralaba Dalam Negeri

Sedangkan jenis Waralaba yang satu ini sebenarnya juga mulai menjadi salah satu pilihan investasi bagi kebanyakan yang orang yang mempunyai keinginan untuk menjadi seorang pengusaha, akan tetapi tidak memiliki atau masih kurang pengetahuan mengenai piranti awal dan kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik Waralaba atau disebut franchisor.

Adapun beberapa contoh Waralaba, sebenarnya banyak sekali termasuk di negeri kita Indonesia ini, karena memang saat ini di Indonesia Waralaba sedang mengalami kemajuan dan sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis, pada bidang makanan misalnya, CFC, red crispy, wong solo dan tentu masih banyak lainnya. Sedangkan dalam bentuk retail atau minimarket Ada Indomaret, yomart, ataupun Alfamart.

Itu saja untuk artikel kali ini semoga bisa bermanfaat dan membantu kalian semua, terimakasih.

Author
Elfi

Komentari
  • 0 komentar
Silahkan login untuk berkomentar

Belum ada komentar