Pantai Marina Semarang

Pantai Marina Semarang

Pantai Marina yang dimaksudkan dalam tulisan ini adalah salah satu pantai yang terletak di Kota Semarang merupakan salah satu tempat wisata pantai terindah di Jawa Tengah yang selalu dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun turis asing karena hanya berjarak beberapa ratus meter saja dari Bandara Internasional Semarang yaitu Bandara Ahmad Yani. Di sepanjang pesisir pantai, anda dan anak – anak dapat bermain perahu, memancing, balapan mobil – mobil mainan, berenang, hingga berjalan – jalan santai di kebun buah naga terluas yang ada di Semarang.  

Pantai Marina Semarang Nan Permai  

Area wisata ini adalah berupa taman rekreasi pantai yang terletak di dekat Kota Semarang yang letaknya bersebelahan dengan Taman Mareokoco setelah kompleks perumahan Puri Anjasmoro Kota Semarang. Kecamatan Semarang Utara. Apa yang dapat anda lakukan di pantai ini ? Para pengunjung bisa naik perahu keliling pantai sambil memancing atau sekedar mencari spot menarik untuk melakukan foto – foto selfie sambil beristirahat di atas pasirnya yang bersih untuk menikmati keindahan pantai dan deburan ombak lembut membelai kaki.  

Pantai sejenis yang bertetangga dengan Pantai Marina adalah Pantai Tirang dan Pantai Maron yang memiliki air laut relatif lebih jernih, meskipun jalan untuk menuju ke lokasi pantai masih kurang mulus.  

Seperti dijelaskan tersebut di atas, Pantai Marina adalah salah satu destinasi wisata yang tak pernah sepi dari kunjungan wisata terletak tepat di Jalan Raya Yos Sudarso, kompleks Perumahan Royal Family / PRF, Kecamatan Tawang Sari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Sangat mudah untuk ditemukan karena ditandai dengan adanya taman bundaran dengan ditengah – tengahnya berdiri patung burung elang berukuran besar di depan pintu masuk Pantai Marina.  

Adapun sejarah dikenalnya Pantai Marina sebagai salah satu objek wisata pantai populer saat ini adalah karena pantainya merupakan hasil dari reklamasi di kawasan Kota Semarang. Sebelumnya lokasi pantai ini adalah kawasan hutan bakau lindung dan tambak ikan dikelola oleh warga setempat. Seiring dengan berjalannya waktu maka kampung bakau ini selanjutnya disulap oleh pemerintah setempat untuk dijadikan sebagai objek wisata pantai yang menyuguhkan kenyamanan dan keindahan suasana alam yang masih perawan kepada para pengunjung. Tersedia fasilitas seperti toilet bersih dan area parkir yang luas dan aman. Juga pengelola kawasan wisata Pantai Marina menyediakan kapal – kapal yang dapat disewa untuk digunakan mengelilingi Pantai Marina, harga yang ditawarkan adalah cukup terjangkau yaitu per orang sekitar Rp. 5000 saja sudah dapat naik kapal untuk bisa menikmati keindahan Pantai Marina pada waktu pagi atau sore hari. Berdekatan dengan area pantai terdapat area balap mobil – mobilan untuk anak - anak, gazebo tradisional, penyewaan ban untuk berenang bagi anak – anak dan dewasa, serta kursi – kursi tertata rapi di sepanjang pantai yang dapat anda gunakan untuk duduk – duduk bersantai. Pilihan lainnya adalah menikmati kelembutan pasir putih nan lembut dan bersih dengan menapakinya dengan kaki telanjang bersama dengan hewan peliharaan kesayangan anda, anjing atau kucing yang sangat menyukai suasana pantai nan tenang. Untuk kelompok laki – laki yang suka memancing maka dapat menyalurkan hobi anda dengan mencoba memancing ikan pada area yang banyak terdapat tumpukan batu – batu besar di bibir pantai, merupakan salah satu spot favorit bagi para pemancing.  

Memasuki area pantai, para pengunjung dikenakan tiket Pantai Marina sebesar Rp. 3000 per orang dan apabila membawa kendaraan pribadi maka akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir sebesar Rp. 2000 (kendaraan bermotor) dan Rp.5000 untuk mobil.  

Setelah lelah bermain dan menikmati paket wisata pantai yang cukup menarik maka pastilah anda akan merasa kelelahan dan perut mulai keroncongan, anda dan keluarga dapat menikmati hidangan khas Semarang yang disuguhkan pada warung – warung makan lesehan sekitar pantai. Warung – warung ini menyediakan menu istimewa seperti nasi bakar ikan laut, ikan bakar – nasi putih – lalapan – sambal, iga bakar – nasi putih, nasi liwet dan sebagainya.  

Rute Termudah Untuk Menuju Ke Pantai Marina  

Bagi anda yang baru pertama kali berkunjung ke Kota Semarang tentunya masih kebingungan dengan rute mana termudah untuk menuju ke bibir Pantai Marina, maka dari itu berikut di bawah ini kami berikan rute – rute perjalanan untuk menuju ke Pantai Marina dari berbagai arah. 

Rute Pantai Marina dari arah barat adalah Kendal, Batang, Pekalongan dan sekitarnya dimulai perjalanan menuju ke arah timur menuju taman bundaran Kali Banteng atau Museum Ranggawarsito. Lanjutkan laju kendaraan anda menuju ke Jalan R.E. Martadinata (ke arah Kota Surabaya) dimana ketika anda sudah dapat melihat bangunan SPBU maka arahkan kendaraan menuju ke kompleks perumahan atau Supermarket Giant, dari sini anda sudah dekat dengan Pantai Marina. 

Jika perjalanan dari arah timur seperti Demak, Kudus, Pati, dan sekitarnya maka anda bisa menuju ke arah barat di Jalan Pantura, jika sudah memasuki Kota Semarang maka arahkan kendaraan anda menuju ke Jalan R.E. Martadinata untuk selanjutnya menuju ke kompleks perumahan, maka anda akan segera tiba di lokasi wisata Pantai Marina Semarang. 

Bagi anda yang datang dari arah selatan seperti Solo, Magelang, Yogyakarta, Ungaran, dan sekitarnya maka anda bisa memilih jalan menuju ke Tugu Muda Semarang lalu belok ke arah barat sehingga tiba di bundaran Kali Banteng. Selanjutnya anda akan melewati Jalan R.E. Martadinata hingga tiba di SPBU, berbeloklah ke kiri untuk menuju ke kompleks perumahan, setelah tiba maka anda tidak jauh lagi dengan lokasi Pantai marina. 

Apabila anda berasal dari luar daerah Semarang maka tersedia beberapa jenis penginapan di sekitar Pantai Marina yang berdekatan dengan pusat Kota Semarang. Hotel yang dapat kami rekomendasikan adalah Gumaya Tower Hotel, Quest Hotel, dan Hotel Bengkalis. Bagi para ‘backpacker’ tidak perlu merasa khawatir karena tersedia beberapa penginapan murah, nyaman dan aman di dekat area pantai diantaranya adalah Whiz Hotel Semarang, Nozz Hotel dan Imam Bonjol Hostel Semarang. 

Pantai Marina Kota Semarang, Spot Terbaik Menyaksikan ‘Sunset’  

Apabila sekali waktu anda memiliki waktu luang untuk berkunjung ke Kota Semarang maka tidak hanya nilai histori dan edukasi saja yang bisa anda dapatkan melainkan juga dimanfaatkan sebagai waktu berharga untuk ketenangan pikiran dan jiwa seperti ketika kunjungan liburan anda dijadwalkan menuju ke kawasan wisata Curug Lawe, Umbul Sidomukti, Lawang Sewu dan Pantai Marina, masing – masing kawasan wisata ini mempunyai perbedaan yang cukup signifikan namun tetap saja indah untuk dipandang mata.  

Lawang Sewu merupakan kompleks bangunan tua peninggalan zaman Belanda dahulu yang pernah difungsikan sebagai kompleks kantor pemerintahan setempat dimana saat ini menjadi bangunan museum sebagai salah satu tempat untuk menyimpan benda – benda sebagai sumber ‘supranatural’ yang memiliki kelas tersendiri hanya bisa dikunjungi oleh beberapa pengunjung yang tertarik terhadap dunia supranatural termasuk para pelajar di Indonesia.  

Wisata liburan selanjutnya adalah jalan – jalan ke kawasan wisata Curug Lawe, curug artinya air terjun yang memiliki keindahan alam khas berupa pemandangan alam dari air terjun setinggi 30 m dengan di sekitarnya banyak terdapat air terjun dangkal menetes dari sela – sela bebatuan di sepanjang dinding curug. Dari kejauhan, jatuhan air terjun mengumandangkan suara unik pertanda bahwa anda sudah mendekati kawasan wisata bersangkutan. Setelah puas menikmati keindahan air terjun maka perjalanan diarahkan menuju ke kawasan wisata Umbul Sidomukti merupakan salah satu pilihan untuk liburan dimana para pengunjung bisa menikmati udara segar dari alam pegunungan di sekitarnya terbentang luas ladang sayur dan buah – buahan, mampu menjadikan liburan anda menjadi lebih berkesan dan asri. Daerah ini berdekatan dengan Pantai Marina Semarang.  

Kegiatan Seru Di Pantai Marina Semaran 

Seperti dijelaskan tersebut di atas bahwa di utara Kota Semarang terdapat sebuah pantai dengan fasilitas lengkap yang diharapkan dapat membuat para pengunjung menjadi istimewa saat liburan ke sini bisa menikmati permainan seperti ‘speed boat’, kolam renang Pantai Marina Semarang, sky air, wisata kuliner khas Nusantara dan arena bermain anak – anak. Pengelola pantai berusaha seoptimal mungkin untuk membuat pantai ini tampil indah dan bersih sehingga menyebabkan tempat ini nyaman untuk menghibur para pengunjung. 

Kegiatan dapat dilakukan pada waktu pagi hari dengan naik perahu tradisional mengitari pesisir pantai bersama dengan para nelayan turut serta menangkap ikan di tengah laut. Disarankan untuk berkunjung ke sini pada waktu musim kemarau karena air laut dalam kondisi jernih dan bersih (bahkan dengan jelas anda bisa melihat beberapa ikan hias berenang di sela – sela karang laut), jika musim sedang musim hujan, air laut akan berubah menjadi berwarna kecokelatan terutama di bagian utara menuju ke arah timur pantai merupakan tempat bermuaranya air sungai ketika sedang banjir pada kanal sebelah barat.  

Beberapa orang memanfaatkan pagi atau sore hari untuk latihan yoga atau ‘joging’ karena suasana alam sekitar pantai sangat mendukung kegiatan ini dimana pada waktu pagi hari udara masih dalam kondisi segar dengan sinar hangat dari matahari terbit dan ada banyak embun menempel pada dedaunan dan rerumputan, pastilah dapat membuat pagi hari anda menjadi lebih bersemangat. Pada waktu malam hari, Pantai Semarang menjadi tempat favorit dari para pengunjung remaja yang meramaikan pantai saat senja mulai turun untuk menyaksikan keindahan alam berupa matahari terbenam sehingga memudahkan anda menemukan spot menarik untuk melakukan foto – foto selfie lalu berburu objek wisata kuliner malam dengan bermunculan warung – warung lesehan yang menjajakan ragam masakan Nusantara, salah satunya adalah ikan bakar ala warga Semarang. 

Setiap tahun Pantai Marina Semarang ditutup oleh pengelola pantai untuk melakukan pembersihan area pantai dan konservasi tanaman yang ada di sekitar pesisir pantai. Ini dilakukan guna menjaga kelestarian lingkunagn, keasrian dan keindahan alam karena tidak memungkiri bahwa setiap hari ada saja pengunjung bandel yang berkunjung tanpa disiplin dengan membuang sampah sembarangan atau bermain di area taman sehingga merusak beberapa tanaman. Penutupan dilakukan selama satu hari saja, keesokan hari sudah dapat dibuka untuk umum. 

Untuk masuk ke area pantai, para pengunjung dikenakan tiket masuk per orang sebesar Rp. 4000 belum termasuk biaya parkir. Dibuka selama 24 jam agar para pengunjung bisa datang kapan saja guna menikmati keindahan alam yang diinginkan, apakah pada waktu pagi hari atau senja menjelang petang. Ada fasilitas lainnya yang membantu kenyamanan para pengunjung seperti kamar mandi umum yang bersih, tempat ibadah, tempat untuk penyewaan ban renang, dan warung – warung lesehan menyediakan makanan dan minuman khas sajian Nusantara sekaligus anda bisa menikmati oleh – oleh khas Semarang yang hanya tersedia di sini saja. 

Hotel – Hotel Dekat Pantai Marina Semarang 

Bagi para pengunjung dari luar kota bisa menginap pada beberapa hotel yang berdekatan dengan kawasan wisata Pantai Marina di Kota Semarang ini, seperti Gumaya Tower Hotel Semarang letaknya di Jalan Gajah Mada No. 59 – 61 Kota Semarang yang menyediakan fasilitas lengkap seperti kolam renang air hangat dan air dingin serta dekorasi hotel berstandar internasional yang diharapkan mampu membuat para tamu betah lama – lama menginap di hotel ini. Pilihan kedua adalah Best Western Star Hotel beralamat di Jalan M.T. Haryono No. 972 Kota Semarang. Pilihan selanjutnya adalah Hotel Santika Premiere Semarang terletak di Jalan Pandanaran Nomor 116 – 120 berdekatan dengan Simpang Lima Semarang yaitu di pusat kota yang menyuguhkan pemandangan tersendiri bagi para tamu yang menginap di sini. Hotel lainnya boleh direkomendasikan adalah Ibis Semarang Simpang Lima di Jalan Gajah Mada No. 172 Semarang 

Selamat menjemput hari libur, semoga artikel tentang Pantai Marina Semarang ini bermanfaat bagi para pembaca. 


Author
Nila

Suka menulis dan membaca

Komentari
  • 0 komentar
Silahkan login untuk berkomentar

Belum ada komentar