Pantai Kuta, Pantai Di Bali Dengan Bule Terbanyak

Pantai Kuta, Pantai Di Bali Dengan Bule Terbanyak

Yang dimaksud dengan Pantai Kuta Bali adalah salah satu kawasan wisata pantai yang terletak di Pulau Bali dimana hampir setiap bulan selalu ramai dikunjungi oleh ‘bule’ atau turis asing karena kawasan wisata ini memiliki keindahan pasir putih yang lembut dan bersih serta ombak cukup bersahabat untuk dimanfaatkan sebagai media berselancar sehingga menjadikan kawasan wisata ini sebagai primadona bagi para wisatawan mancanegara yang rata – rata memang menyukai dan menggemari olah – raga ‘surfing’.  

Pantai Kuta juga cocok dijadikan sebagai kawasan pantai untuk belajar berselancar bagi anda pemula yang ingin merasakan sensasi berselancar. Ada banyak tempat tersedia untuk menyewa papan selancar dan bisa ditemani dengan seorang pemandu yang sudah berpengalaman dengan kegiatan yang satu ini dimana mereka membuka stand – stand penyewaan perlengkapan surfing dan pemandunya di sekitar pesisir pantai.  

Pantai Kuta di Pulau Bali memiliki akses yang berdekatan dengan Bandara Internasional Ngurah Rai dimana di sepanjang jalan menuju ke kawasan pantai, ada banyak berdiri hotel – hotel sebagai tempat untuk menginap beberapa hari yang dapat memanjakan para wisatawan agar betah berlama – lama berpesiar di Kuta, Denpasar, Bali.  

Objek Wisata Lain Yang Menarik 

Di sepanjang kawasan wisata Pantai Kuta ini cukup sering dilakukan upacara - upacara keagamaan oleh warga setempat yang mayoritas adalah pemeluk ajaran Agama Hindu. Mereka akan berkumpul dalam jumlah besar dengan mengenakan busana adat Bali (untuk pria dan wanita) sambil membawa dan mengantarkan perlengkapan sembahyang dan sesajian yang nantinya akan dihayutkan ke tengah laut di Pantai Kuta. Kegiatan keagamaan ini dilakukan secara ritual oleh umat Hindu se – Bali yang menjadikan Bali tidak hanya menjadi pusat wisata hiburan saja melainkan juga bisa berkembang menjadi wisata seni dan budaya nantinya diharapkan mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan khususnya turis mancanegara.  

Seperti dijelaskan tersebut di atas, selain memiliki pasir putih yang lembut dan bersih, gulungan ombak yang cukup besar dan panjang menjadikan pantai ini terkenal sebagai salah satu kawasan wisata pantai yang eksotik terutama ketika sore hari tiba dimana anda dapat menyaksikan keindahan panorama matahari tenggelam atau ‘sunset’ yang menyebabkan pantai ini terkenal dengan sebutan ‘sunset beach’ atau pantai matahari tenggelam. Maka dari itu disarankan untuk berkunjung ke sini ketika cuaca sedang cerah.  

Sejarah Pantai Kuta Bali  

Pada zaman dahulu, kawasan Pantai Kuta merupakan salah satu pelabuhan dagang terbesar di Nusantara dimana ada banyak pedagang dari luar Pulau Bali berkumpul di sini untuk melakukan transaksi dagang. Pada abad ke – 19, seorang pedagang yang berasal dari Negara Denmark bernama Mads Lange, menjadikan kawasan pantai ini sebagai salah satu pusat perdagangan antar pulau dimana di dalamnya terjadi transaksi dan negosiasi dagang yang memudahkan Mads Lange berkenalan dengan kalangan keluarga raja – raja Bali dan warga Belanda yang tinggal di Pulau Bali.  

Menurut Hugh Mahbett yang menerbitkan sebuah buku berjudul ‘ Praise to Kuta ‘ menjelaskan kepada masyarakat untuk mengajak mereka menyiapkan fasilitas akomodasi wisata yang bertujuan untuk mengantisipasi adanya ledakan kunjungan wisatawan yang berlibur ke Bali. Buku ini diharapkan mampu menginspirasi banyak orang agar turut serta membangun fasilitas pendukung kenyamanan paket – paket wisata seperti penginapan, restoran, dan tempat – tempat hiburan.  

Saat ini Pantai Kuta selain menjadi salah satu kawasan wisata pantai yang sangat populer di mancanegara juga difungsikan sebagai habitat dari Penyu Hijau yang langka sehingga menjadi salah satu hewan dilindungi di Indonesia. Selanjutnya penangkaran Penyu Hijau diluaskan hingga ke Pantai Tanjung Benoa yang juga dijadikan sebagai objek wisata edukasi bagi kelompok pelajar yang ingin melihat budidaya Penyu Hijau maka berkunjunglah ke Pulau Penyu di Tanjung Benoa.  

Lokasi / Jalan Menuju Ke Pantai Kuta Bali  

Pantai Kuta terletak di Kecamatan Kuta, sebelah selatan Kota Denpasar di Pulau Bali, dimana akses menuju ke pantai ini sangat mudah untuk dilakukan yang letaknya persis berada di pinggir jalan raya besar bisa anda capai dengan menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi, baik itu roda dua maupun roda empat. Apabila anda berangkat dari Bandara Ngurah Rai, disarankan untuk menyewa jasa taksi dengan menggunakan agro yang jaraknya tidak terlalu jauh, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 s/d 15 menit.  

Harga Tiket Masuk Pantai Kuta Bali  

Untuk masuk ke dalam area kawasan wisata Pantai Kuta tidak dipungut biaya masuk alias gratis. Anda dapat masuk melalui pintu gapura utama dengan bebas.  

Fasilitas Tersedia Di Pantai Kuta Bali  

Seperti diketahui bahwa Pulau Bali adalah salah satu tempat yang memiliki koleksi tempat wisata menarik dalam jumlah yang cukup banyak. Karena ada banyak kawasan wisata yang berpotensi menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke sini menyebabkan di Bali mudah menemukan penginapan atau hotel terutama di sekitar Pantai Kuta yang menawarkan harga termurah hingga jutaan rupiah per malam. Apabila anda menginginkan untuk mendapatkan fasilitas ‘lux’ maka anda dapat menyewa kamar – kamar hotel yang berlokasi di bibir Pantai Kuta sedangkan yang terletak di pusat kota yaitu daerah Kuta ada banyak hotel atau penginapan yang memberi harga lebih murah seperti beberapa hotel dan penginapan di gang – gang masuk sebelah timur jalan raya seputaran pinggir Pantai Kuta.  

Berburu Objek Wisata Kuliner : Rumah Makan  

Sangat mudah untuk menemukan kompleks guna menikmati ragam masakan khas Pulau Bali di sepanjang jalan raya pantai Kuta, tidak hanya bisa menemukannya pada restoran – restoran mewah dengan menawarkan beragam menu andalan, juga tersedia kafe – kafe musiman yang asyik untuk nongkrong bersama dengan teman – teman atau pasangan kekasih yang rata – rata menjajakan makanan jenis ‘sea food’ seperti masakan udang, cumi, kepiting, ikan laut, dan ragam sajian dari hewan laut lainnya. Anda dapat memilih langsung jenis masakan seperti apa yang disukai dan yang menarik adalah berbagai jenis seafood tersebut ada yang masih hidup dipajang di dalam akuarium di depan restoran yang bisa berfungsi sebagai dekorasi restoran bersangkutan.  

Toko – Toko Cinderamata Dan Tempat Parkir 

Usai jalan – jalan menyusuri keramaian kawasan wisata Pantai Kuta, tentulah acara liburan anda akan menjadi lebih berkesan jika diakhiri dengan berburu oleh – oleh khas Pulau Bali yang terlihat unik dan lebih banyak menonjolkan sisi seni dan budaya warga Bali nan eksotik.  

Anda dapat berburu cinderamata menarik untuk dijadikan sebagai oleh – oleh di sebelah timur bagian selatan dari kawasan wisata Pantai Kuta banyak tersedia stand – stand / gerai menyerupai sebuah mini pasar seni khusus menyediakan cinderamata yang menjual ragam benda untuk oleh – oleh seperti makanan, pakaian dan aksesoris khas Bali.  

Apabila anda mengendarai kendaraan pribadi maka bisa dengan mudah menemukan tempat parkir di sekitar area pantai dengan memasang tarif parkir untuk sepeda motor sebesar Rp. 2000 dan mobil Rp. 5000.  

Demikianlah ulasan tentang Pantai Kuta, pantai di Bali dengan bule terbanyak kami jelaskan dengan singkat melalui artikel ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca.  


Author
Nila

Suka menulis dan membaca

Komentari
  • 0 komentar
Silahkan login untuk berkomentar

Belum ada komentar