Oleh – Oleh Khas Bali Yang Populer

Oleh – Oleh Khas Bali Yang Populer

Pulau Bali adalah salah satu destinasi wisata populer di dunia saat ini. Ada jutaan wisatawan baik itu domestik maupun internasional yang berbondong – bondong menuju ke Bali guna menikmati keindahan pulau yang populer dijuluki Pulau Seribu Pura atau Pulau Dewata.  

 

Erat hubungannya dengan kegiatan liburan, tentu saja tak akan pernah lepas dari kegiatan berburu oleh – oleh yang bisa menjadi pilihan anda buat keluarga tercinta di rumah. Seperti halnya pesona Pulau Bali yang tak meragukan seolah – olah tidak pernah kehabisan daya tarik memenuhi hampir setiap sudut dari Pulau Bali, mampu menarik minat para wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung dalam setiap bulan untuk menyaksikan keindahan pantai – pantai di Bali, kesakralan pura – pura disertai kelezatan kuliner akan menyebabkan anda betah lama – lama liburan di Pulau Dewata.  

Meskipun meninggalkan Bali adalah sebuah keputusan sulit namun anda memang harus kembali ke daerah asal untuk beraktifitas seperti biasa. Untuk mengobati kerinduan anda terhadap Pulau Bali, anda bisa mengenali melalui ragam oleh – oleh yang bisa diperoleh ketika anda sedang berada di Bali untuk beragam keperluan. Di bawah ini kami berikan beberapa rekomendasi oleh – oleh yang bisa anda jadikan pilihan untuk dibawa pulang buat keluarga tercinta di rumah. 

1/Oleh – Oleh : Pie Susu  

Kue kering Pie Susu dapat dijadikan sebagai andalan oleh – oleh khas Pulau Bali. Bentuknya cantik yaitu bulat ceper dengan pinggiran keriting keras dan renyah, ditengahnya diisi fla susu yang gurih menyebabkan kue kering yang satu ini terasa istimewa di lidah. Kue Pie pertama dikenal adalah Kue Pie susu original, namun saat ini sudah bermunculan Pie Susu dengan cita rasa yang beragam dalam berbagai ‘topping’ seperti keju, almond, kismis, dan choco chips. Pie Susu dapat dibeli pada beberapa pusat oleh – oleh khas Bali yang tersedia di beberapa kota wisata seperti Denpasar, Gianyar atau Singaraja. Apapun pilihan rasa yang akan anda pilih maka akan menjamin anda dan keluarga pastilah merasa ketagihan.  

2/Kacang Disco  

Kacang Disco bagus dimanfaatkan sebagai oleh – oleh. Terbuat dari bahan kacang tanah pilihan dibalut adonan tepung berbumbu lalu digoreng kering yang renyah dan gurih dimakan. Tersedia dalam beragam pilihan mulai dari rasa manis, pedas – manis, ‘barbeque’ hingga udang. Sama dengan produk makanan kue kering Pie Susu, Kacang Disco banyak sekali memiliki merek dagang di Bali. Untuk membelinya sebagai oleh – oleh dapat ditemukan pada pusat oleh – oleh khas Bali di beberapa kawasan wisata di Pulau Dewata. Kacang Disco adalah salah satu makanan khas Bali yang terbuat dari bahan utama yaitu kacang sudah sejak lama menjadi makanan khas mulai disukai oleh para wisatawan.  

Bentuk dari Kacang Disco adalah mirip dengan kacang tepung biasa tetapi yang membedakannya adalah tepung yang membalur cukup tebal dan antara kacang yang satu dengan kacang lainnya sengaja dibuat berdekatan. Rasa dari kacang ini sangat gurih dan renyah seperti rasa keju. Kacang Disco yang tersedia saat ini adalah selain rasa original juga ada rasa keju, pedas manis, extra pedas, udang dan barbeque.  

3/Oleh – Oleh : Pia Legong  

Ciri khas dari Pia Legong ini adalah pada kotak kemasannya diberi gambar gadis Bali penari tarian tradisional Legong. Sudah mulai disukai oleh para wisatawan lokal yang memburu makanan ini untuk dijadikan oleh – oleh buat keluarga di rumah. Pia Legong dibuat tanpa memakai mesin dan hanya tersedia dalam jumlah terbatas namun tetap mampu menjaga kualitas rasa. Tersedia 3 varian rasa yaitu keju, cokelat, dan kacang hijau. Untuk membelinya silahkan berkunjung ke sepanjang Jalan Raya By Pass Ngurah Rai di Kota Denpasar yaitu Bali Ruko Kuta Megah No. 15, Kuta, Bali. Karena dibuat dalam jumlah terbatas maka disarankan untuk melakukan pemesanan melalui telepon kepada rumah – rumah produksi yang khusus membuat dan menyediakan kue ini. Harga per kotak isi 8 buah adalah Rp.90.000.  

4/Oleh – Oleh : Kerupuk Bulit Babi  

Bali adalah salah satu tempat wisata kuliner yang tepat disediakan untuk para penggemar kuliner berbahan dari daging babi. Salah satunya adalah Kerupuk Kulit Babi yang tersedia dalam dua pilihan yaitu murni dari Kulit Babi Kering dan Kulit Lemak Babi. Masing – masing kerupuk memiliki rasa yang berbeda tetapi sama – sama bercita rasa gurih. Produk yang terpopuler adalah Kerupuk Babi Sam Cam Rejeki, bisa anda temukan pada pusat oleh – oleh khas Bali yaitu Toko Kue di Jalan Pulau Batam No. 7 Tabanan.  

Rasa dari kerupuk ini selain gurih juga agak asin. Dilarang diberikan untuk anda yang memiliki sakit darah tinggi karena Kerupuk Kulit Babi mudah menyebabkan tensi darah naik yang memicu anda rentang terserang penyakit darah tinggi.  

5/Kopi Kintamani 

Apabila anda memiliki teman penggemar Kopi maka bawakan saja oleh – oleh khas Bali berupa Kopi Kintamani yang dibuat dari biji Kopi pilihan sebagai oleh – oleh ketika anda liburan ke Pulau Bali. Seperti halnya Kopi Gayo dan Kopi Flores, Kopi Kintamani mendapatkan ‘Sertifikat Geographical Indication’ artinya Kopi Kintamani sudah mampu memenuhi standar kopi internasional. Memiliki cita rasa unik yang berbeda dengan kopi jenis lainnya karena didukung oleh sistem perkebunan ‘tumpang sari’, pohon – pohon kopi berada pada lahan berundak – undak ditanam bersama dengan tanaman lainnya secara berdampingan seperti Jeruk, Kakao, dan beragam jenis sayuran. Inilah yang menyebabkan rasa Kopi Kintamani tampil beda yaitu sedikit asam karena pengaruh dari aroma tanaman Jeruk di sekitarnya. Kopi Kintamani mudah ditemukan pada beberapa pusat oleh – oleh khas Bali dibeberapa kawasan wisata di Bali atau anda dapat melihat langsung proses pengolahan Kopi Kintamani secara tradisional ke kawasan wisata Kintamani di Bali. 

Jajanan tersebut di atas dapat dijadikan sebagai oleh – oleh yang pas untuk dibawa pulang buat keluarga atau teman – teman usai kunjungan ke Pulau Dewata. Disamping itu anda dapat membeli oleh – oleh lainnya yang bercita rasa segar yaitu Buah Salak Bali / Buah Jeruk Bali yang terkenal memiliki rasa super manis. Salak Bali dapat menjadi salah satu oleh – oleh khas Bali dimana saat ini dijual dalam dua kelompok yaitu Salak Biasa dan Salak Gula Pasir. Anda dapat berburu Salak Bali di Pasar Sindhu, Sanur, Denpasar. Atau jika sedang terburu – buru maka bisa membeli sekantong di Toko Oleh – Oleh sepanjang jalan menuju Bandara Ngurah Rai dengan harga per bungkusnya adalah kisaran Rp.80.000.  

Demikian kami menjelaskan tentang ragam oleh – oleh khas Bali yang paling terkenal, semoga bermanfaat bagi para pembaca. 

 


Author
Nila

Suka menulis dan membaca

Komentari
  • 0 komentar
Silahkan login untuk berkomentar

Belum ada komentar