Kepanjangan, Tugas dan Manfaat CEO

Kepanjangan, Tugas dan Manfaat CEO

Kepanjangan, Tugas dan Manfaat CEOCEO adalah sebuah kepanjangan yaitu Chief Executive Officer, seorang CEO ini memiliki tanggung jawab yang sangat besar di dalam sebuah perusahaan yang mereka pimpin. Sehingga tidak boleh sembarangan di dalam melakukan pekerjaannya.

Berikut ini diantaranya tanggung jawab dari seorang CEO yang hendaknya harus Anda ketahui, yaitu: 

1). Perencanaan tugas perusahaan

Seorang CEO adalah pemrakarsa keberadaan kebijakan dan juga aturan-aturan yang adalah dalam sebuah perusahaan tersebut, sebelum nantinya ide atau kebijakan yang dibuat tersebut akan diberikan oleh setiap divisi dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang ada.

2). Mewakili sebuah perusahaan

Seorang CEO nyatanya juga adalah sebuah representatif sebuah perusahaan, sehingga jika seandainya pimpinan mereka bermasalah, juga tidak bisa menampik jika seandainya hal ini akan mempengaruhi citra perusahaan tersebut di mata publik.

3). Membangun sebuah tim

Keberadaan CEO ini tak hanya untuk bawahan mereka saja, melainkan juga menghubungkan antara pegawai dan juga para dewan direksi yang ada dalam perusahaan tersebut, mereka sebagai sebuah jembatan di dalam membangun tim. Mereka harus melihat bagaimana performa dari pegawainya sehingga tahu cara untuk mengatur perusahaan dengan baik.

4). Membuat alokasi anggaran belanja

Masalah keuangan nyatanya jadi bagian yang paling krusial dalam rumah tangga perusahaan, karena hal ini nantinya akan mempengaruhi jalannya perusahaan tersebut kedepan, apakah bisa maju dan mendapatkan laba atau mungkin sebaliknya akan memicu kebangkrutan atau resiko pailit.

5). Menciptakan budaya kerja yang positif

Tanggung jawab seorang CEO yang lainnya adalah untuk menciptakan lingkungan atau budaya kerja yang positif, patut untuk disadari bahwa pada dasarnya kenyamanan lingkungan kerja ini memang akan sangat mempengaruhi bagaimana kualitas pekerjaan yang nantinya akan dilakukan oleh para pegawai di dalam instansi tersebut, membuat produktivitasnya juga akan semakin meningkat.

Tugas CEO

Setelah mengenal tanggung jawab dari seorang CEO, maka tentunya sangat penting juga untuk mengetahui sebenarnya apa saja tugas yang diemban oleh CEO ini, apalagi ia termasuk jabatan yang paling tinggi di dalam sebuah perusahaan.

Sehingga tugas atau perannya juga lebih besar jika dibandingkan dengan bagian-bagian yang lainnya. itulah mengapa jabatan seorang CEO tidak bisa diisikan kepada orang sembarangan, harus mereka yang benar-benar berkapasitas. Berikut ini diantaranya tugas dari seorang CEO yang harus Anda ketahui, yaitu:

1). Menentukan arah strategis dari perusahaan yang mereka pimpin

Agar nantinya perusahaan tersebut bisa berkembang menjadi lebih maju diantaranya adalah mencakup visi, misi dari perusahaan.

2). Wajah bagi perusahaan tersebut

Selain nama besar dari perusahaan, maka seorang CEO juga adalah citra atau representatif perusahaan mereka tersebut. Sehingga dikenal sebagai wajah dari perusahaan tersebut. Karena di dalam sebuah kesempatan besar maka CEO inilah yang nantinya akan diundang untuk berbicara.

3). Melaporkan pada dewan direksi

Dewan direksi ini adalah jajaran atas yang memegang saham atau seseorang yang ikut terlibat di dalam mendanai jalannya perusahaan tersebut.

Umumnya mereka memang tak banyak terlibat dalam management perusahaan, hanya sesekali melihat perkembangan perusahaan tersebut melalui laporan yang didapatkan, tugas seorang CEO ini nantinya adalah untuk menjembatani antara dewan direksi yang ada dengan pegawai-pegawai yang ada di bawah arahannya tersebut.

Apalagi untuk sebuah perusahaan tidak mungkin semua modalnya berasal dari satu orang saja, pastinya ada andil dari beberapa orang lain yang menjadi dewan direksi disini. Sehingga setiap pengambilan keputusan juga harus melibatkan dewan direksi.

4). Mengembangkan arah dari SDM yang bekerja di dalamnya

Seorang CEO juga memiliki tugas penting di dalam membimbing bawahan mereka, sehingga karyawan tersebut tidak hanya stuck di tempat, melainkan semakin lama bekerja tentunya mereka juga akan tumbuh menjadi seseorang yang lebih baik, pelajar dari pengalaman dan juga kesalahan yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.

5). Menciptakan jaringan bisnis

Ini merupakan tugas yang sangat penting bagi seorang pimpinan atau CEO ini. dimana mereka harus menghubungkan dengan vendor, juga mengungkapkan peluang akuisisi, bergabung dengan perusahaan yang lain atau bahkan juga harus menghadiri berbagai macam acara untuk menjalin hubungan bisnis yang lebih baik dengan yang lain.

Karena tugas yang satu ini maka tidak heran jika seandainya seorang CEO memiliki kegiatan paling sibuk diantara yang lainnya, bahkan jarang sekali untuk beristirahat.

Menemukan peluang untuk bisnis mereka, dengan meningkatkan penjualan pada dasarnya memang bukan satu-satunya cara bagi perusahaan untuk bisa tumbuh. Melainkan hal ini juga harus diimbangi dengan menemukan sebuah peluang, yaitu dengan cara akuisisi.

Akuisisi ini adalah pembelian yang sifatnya potensial, bisa diantaranya adalah mencakup sebuah personil, hubungan atau bahkan juga reputasi.

Sehingga nantinya segmen mereka juga lebih merata ke seluruh kalangan. Perusahaan yang berani melakukan akuisisi ini akan jauh lebih cepat namun dibandingkan dengan yang berjalan di tempat, namun resikonya juga tergolong begitu tinggi. Itulah mengapa CEO juga memiliki peran yang sangat penting diisi.

Manfaat CEO

Jika dilihat memang jarang sekali diantara perusahaan baik itu yang kecil maupun besar tidak memiliki CEO di dalamnya. Karena ia memiliki peran atau manfaat yang sangat besar bagi usaha tersebut.

Banyak bahkan diantaranya beberapa perusahaan yang memiliki satu CEO yang sama, karena memang pada dasarnya mereka sudah memiliki kapasitas yang tinggi sehingga banyak yang berebut untuk menjadikannya sebagai seorang pimpinan.

Namun memang tidak ada instansi atau perusahaan dimana di dalamnya tidak memiliki seorang CEO ini. lalu sebenarnya apa saja manfaat CEO ini dalam perusahaan tersebut? Berikut yang harus diketahui:

1). Membawa perusahaan lebih maju

2). Membawa lebih banyak investor dan juga meningkatkan nilai modal perusahaan

3). Masalah yang ada di dalam perusahaan lebih mudah untuk diselesaikan

4). Jembatan antara pegawai dan juga dewan direksi

5). Menjaga citra sebuah perusahaan

Author
Elfi

Komentari
  • 0 komentar
Silahkan login untuk berkomentar

Belum ada komentar