Jenis-Jenis Internet Marketing

Jenis-Jenis Internet Marketing

Dalam perspektif luas, yang dimaksudkan dengan internet marketing atau email marketing adalah salah satu jenis internet marketing yang dilakukan dengan memanfaatkan email. Aktivitas ini sebenarnya sudah using dan tidak seektif 15 tahun yang lalu karena disebabkan banyak pemasar mengirimkan spam untuk menawarkan produk – produk mereka. Akibatnya adalah apabila anda mendapatkan email yang sepertinya hendak melakukan penawaran maka anda akan langsung menghapusnya dari inbox. Ada banyak orang hampir tidak pernah menghiraukan email yang berasal dari situs – situs komersil melalui spam untuk menghindari menghabiskan waktu dengan sia – sia.  

Email marketing sebenarnya dapat dilakukan untuk hal – hal yang terbatas misalnya untuk mengirimkan notifikasi yang dipicu oleh aksi pengguna yang mana notifikasi untuk hal – hal penting akan dapat memberikan manfaat pada pengguna misalnya notifikasi resi pengiriman, reset password, sukses transfer, dll. Dengan cara ini kepuasan konsumen akan meningkat sehingga dapat meningkatkan pembelian / penggunaan ulang.

Seseorang masih dapat mengirimkan email penawaran dengan memenuhi standar syarat penawaran yang agak sulit untuk bisa mendapatkan share sehingga dapat mempengaruhi konsumen untuk tidak secara langsung menghapus email tersebut. Semakin mereka jarang mengirimkan email maka konsumen akan cebderung lebih sering membuka email yang mereka kirimkan yang mana dalam hal ini konsumen akan berpikir untuk tertarik dengan kiriman anda.

Pemasaran Melalui Mesin Telusur

SEM / search engine marketing mulai populer pada tahun 2000 yang lalu saat Google mulai menjadi penguasa mesin telusur atau mesin pencari yang mana pada dasarnya pemasaran melalui mesin telusur ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk meyakinkan konsumen menggunakan produk anda melalui mesin telusur (seperti Google, Bing, Yahoo, dll) yang bisa dilakukan dengan 2 cara antara lain adalah SEO / search engine optimization atau iklan berbayar.

Yang dimaksud dengan SEO adalah salah satu upaya untuk membuat konsumen bersedia mengunjungi halaman situs web melalui mesin pencari. Salah satu caranya adalah dengan muncul pada halaman pertama mesin telusur menggunakan kata – kata kunci tertentu. Aktivitas SEO ini mulai mempertemukan pemasar tradisional dengan pemasar yang mempunyai basis teknologi yang cukup kuat. Terdapat dua aliran pemasaran dalam konteks ini antara lain :

1. Link Building

Adalah salah satu cara untuk menarget kata kunci tertentu agar menempati urutan pertama dari hasil penelusuran Google. Sebelum tahun 2011, kegiatan SEO sangat didominasi oleh link building sehingga banyak pemasar membuat beberapa situs seperti untuk beternak link / tautan. Ini akan berhubungan dengan algoritma panda yang muncul pada tahun 2011 mampu menghancurkan sekitar 12 persen dari hasil penelusuran Google yang mayoritas adalah situs web yang hanya ingin beternak tautan saja meskipun demikian cara yang beresiko ini masih bisa dimanfaatkan dengan hati – hati.

2. Content Marketing

Adalah sejenis internet marketing secara tidak langsung yang memiliki jangka waktu panjang dilakukan dengan membuat konten video / tulisan / gambar yang terlihat menarik. Konten ini bisa dilakukan dengan tidak menawarkan apapun namun bisa juga disisipi dengan penawaran. Tujuan marketing di dalamnya adalah memperkuat brand equity untuk konsumen sekaligus sebagai mesin telusur Google.

Pemasaran Melalui Media Sosial

Sosial media marketing muncul ketika Facebook, Twitter, Instagram, dll mulai populer di masyarakat. Jenis pemasaran melalui media internet ini adalah menggunakan platform – platform yang mana kegiatan pemasaran berhubungan dengan content marketing karena pemasar bisa membuat akun untuk mempublikasikan konten mereka. Melalui media sosial, pemasar bisa melakukan interaksi dengan konsumen dan menyisipkan posting / tweet yang mengandung penawaran.

Dikenal dua jenis kelompok pemasaran yang dapat dilakukan melalui media sosial adalah dengan bercerita / story telling dan iklan berbayar. Pada bagian ini akan akan kami ajak untuk membahas hal yang bersifat organik yaitu melalui bercerita tentang iklan berbayar akan dibahas pada bagian selanjutnya.

Kesalahan utama dalam hal memasarkan produk melalui media sosial adalah dengan kurang menghormati platform (Facebook, Twitter, Instagram, dll) dan kurang menghormati pengguna media sosial bersangkutan. Maka dari itu pemasar akan cenderung untuk melakukan spam posting penawaran dengan semena – mena yang mana pemasar mengharapkan pengguna sosial media akan melike dan memfollow akun sosial media dengan cara yang menurut mereka adalah benar.

Adapun ide dari pemasaran menggunakan media sosial ini adalah dengan memanusiakan brand anda maka dari itu brand anda tidak hanya bercerita dan menawarkan produk melainkan melakukan kegiatan yang lainnya. Manusia dapat mengeluh namun semuanya sebaiknya diartikan memberikan nilai tambah bagi konsumen.

Pemasaran Melalui Iklan Sosial

Online advertising / Ads adalah jenis internet marketing yang menggunakan iklan berbayar melalui internet. Ada bermacam – macam jenis iklan seperti Adwords / Google, Dacebook Ads, Youtube Ads, dll yang mungkin membuat anda merasa kebingungan dalam menentukan pilihan.

Padahal jika dipahami lebih lanjut, sama seperti iklan tradisional : billboard, pamphlet, televise dan radio, iklan jenis ini kurang efektif dan menyebabkan konsumen sedikit terganggu. Meskipun demikian, iklan online ini masih jauh lebih baik dibandingkan iklan tradisional karena tertarget. Penyedia iklan bisa menggunakan database pengguna untuk bisa menampilkan iklan hanya pada target market anda yang mana internet karketing jenis ini umumnya memiliki biaya yang mahal namun jelas akan menghasilkan impresi / jumlah tayang yang cukup tinggi dan lebih tertarget daripada iklan tradisional.

Pada dasarkan terdapat 3 golongan tarif iklan online yaitu sebagai berikut : PPC / pay per click hanya membayar apabila iklan di klik, PPM / pay per yhousand impression adalah hanya membayar iklan per 1000 kali tayang, dan PPA / pay per acquisition yaitu hanya membayar apabila terjadi aksi yang dikehendaki misalnya terjadi penjualan.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang jenis – jenis internet marketing, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Terimakasih.

Author
Elfi

Komentari
  • 0 komentar
Silahkan login untuk berkomentar

Belum ada komentar