Jamu Tradisional Dari Bahan Dasar Kunyit

Jamu Tradisional Dari Bahan Dasar Kunyit

Yang dimaksud dengan Jamu Kunyit Asam adalah jamu tradisional yang berbahan dasar dari Kunyit dan campuran Asam Jawa yang cukup berkhasiat untuk menyegarkan tubuh dan dapat membantu membuat tubuh menjadi dingin.  

Jamu Kunyit Asam atau Kunir Asem menjadi jamu tradisional yang cukup populer di kalangan kaum wanita. Hal ini disebabkan karena khasiat utamanya cukup ampuh buat meredakan rasa nyeri haid atau datang bulan pada wanita terutama kelompok remaja putri.  

Nah selain tersebut di atas ternyata Jamu Kunyit Asam masih memiliki 3 khasiat ampuh lainnya antara lain sebagai berikut :  

1/Berkhasiat untuk fungsi antioksidan  

Beberapa penelitian telah berhasil membuktikan bahwa Kunyit Asam bermanfaat sebagai antioksidan. Hal ini disebabkan karena senyawa kurkumin di dalam daging Kunyit diketahui mempunyai zat – zat bersifat aktivitas antioksidan yang cukup tinggi, sama dengan Asam Jawa yang banyak mengandung senyawa antioksidan yang bagus untuk menjaga kebugaran tubuh.  

Kandungan antioksidan di dalam minuman Kunyit Asam memiliki aktivitas yang cukup besar dibandingkan dengan antioksidan yang bersifat ‘sintetis’. Dalam sebuah penelitian menjelaskan bahwa formula terbaik minuman Kunyit Asam terdiri dari 25 persen Asam, 5 persen Kunyit, dan 70 persen air untuk kadar antioksidan yang maksimal.  

2/Berkhasiat untuk menurunkan berat badan  

Apabila dipisahkan maka antara Kunyit dengan Asan Jawa sama – sama berkhasiat untuk menurunkan berat badan dimana khasiat ini akan semakin maksimal cara kerjanya dengan menggabungkan dua bahan alami bersangkutan. Kurkumin yang dimaksud disini adalah suatu antioksidan di dalam Kunyit yang memiliki fungsi untuk menekan respon peradangan pada sel – sel tubuh termasuk di dalamnya adalah sel – sel ‘pankreas’, lemak dan otot. Reaksi yang dihasilkan dapat membantu mengurangi ‘resistensi insulin’, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol serta kondisi metabolik lainnya sebagai akibat obesitas. Maka dalam hal ini diharapkan berat badan anda menjadi cenderung lebih stabil dan mampu menurunkan risiko ‘obesitas’ juga tubuh anda menjadi lebih fokus dalam menurunkan berat badan karena minimnya reaksi peradangan di dalam tubuh setelah minum Kunyit Asam.  

3/Berkhasiat untuk mengendalikan gula darah  

Jika anda adalah salah seorang pengidap penyakit Diabetes maka cobalah secara rutin mengonsumsi Jamu Kunyit Asam dimana selama ini diketahui bahwa Kunyit sudah lama dikenal sebagai obat herbal untuk menurunkan gula darah pada orang dengan Diabetes yang cukup parah. Efek ini diduga sebagai salah satu akibat adanya kemampuan antiinflamasi yang dimiliki oleh Kunyit dimana dalam sebuah penelitian yang dilakukan sekitar tahun 2012 menjelaskan bahwa orang dengan kondisi buruk yaitu ‘prediabetes’ yang rutin mengonsumsi ‘Kapsul Kurkumin’ akan cenderung menghambat kemungkinan terkena diabetes tipe 2.  

Manfaat lainnya dari jamu tradisional tersebut di atas yang kami rangkum dari berbagai sumber berita untuk kesehatan tubuh antara lain adalah sebagai berikut :  

• Kandungan Vitamin C ampuh buat mencegah Sariawan dan membantu menjaga kekebalan tubuh.  

• Kurkumin dapat berfungsi sebagai antibakteri, antiradang, atau antioksidan sehingga bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit contohnya adalah Kanker dan berfungsi untuk penyembuhan herbal bagi penderita ‘Arthritis’.  

• Mengatasi gangguan ginjal, disentri, meningkatkan kesehatan tulang dan persendian. 

• Melawan infeksi dan gangguan lain pada gusi, gigi dana masalah bau mulut. 

• Mencegah pengerasan ‘Arteri’ untuk penderita Diabetes. 

• Menjaga kadar kolesterol di dalam darah dan menurunkan lemak dengan mendorong fungsi kerja hati menjadi bekerja lebih sempurna dalam mengurai dan memisahkan lemak. 

• Menenangkan saraf ketika stres dan membantu ‘penderita Alzheimer’.  

• Asupan diet yang kaya akan kandungan Kunyit dapat membantu mencegah dan melawan Kanker Prostat, Kanker Payudara, Kanker Usus Besar dan Kanker Paru – Paru.  

• Mengobati sakit perut karena adanya infeksi. 

• Membantu penyembuhan luka dan regenerasi kulit, mencegah jerawat dan membersihkan kulit. 

Maka tidak dapat diragkan lagi apabila anda suka dan rutin minum minuman Kunyit Asam akan terbukti ampuh mengatasi beragam gejala dan penyakit tersebut di atas.  

Demikian kami menjelaskan tentang jamu tradisional dari bahan dasar Kunyit kepada para pembaca, semoga bermanfaat dan terimakasih. 

 


Author
Nila

Suka menulis dan membaca

Komentari
  • 0 komentar
Silahkan login untuk berkomentar

Belum ada komentar