Embung Kledung, Wisata Alam Terbaru Di Temanggung

Embung Kledung, Wisata Alam Terbaru Di Temanggung

Temanggung adalah sebuah kabupaten kecil yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dimana secara geografis cenderung terletak di daerah pegunungan yang menjadikan Temanggung memiliki banyak kesempatan untuk difungsikan sebagai tempat wisata alam. Salah satu wisata terbaru di tempat ini yang patut untuk anda kunjungi bersama dengan keluarga atau teman – teman adalah Embung Kledung merupakan kawasan wisata yang mempunyai panorama alam sangat indah yaitu menyerupai kolam alami atau sebuah waduk besar untuk menampung kelebihan air terutama dari hujan ketika sedang musim hujan. Waduk ini dapat dimanfaatkan sebagai cadangan air untuk perkebunan, area persawahan dan ladang di sekitar area Embung Kledung dimana seiring dengan berjalannya waktu, saat ini Embung Kledung cenderung dimanfaatkan sebagai kawasan wisata alam terbaru di Temanggung. Pada waktu pagi hari, Embung Kledung terlihat lebih bercahaya karena dilatarbelakangi oleh pemandangan alam dari Gunung Sindoro dan Bukit Sumbing nun jauh di kaki langit akan membuat anda betah berlama – lama di sini untuk liburan. 

Lokasi Embung Kledung Temanggung adalah di Jalan Raya Parakan – Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Jalan termudah untuk menuju ke kawasan wisata ini apabila dilalui dari daerah Magelang maka anda harus mengambil jalur Magelang – Wonosobo via Secang. Ikuti jalur lurus hingga tiba di perbatasan Wonosobo – Temanggung maka anda akan menjumpai pom bensin dan kuburan, di dekat daerah ini di sebelah kanan terdapat sebuah jalan setapak merupakan satu – satunya jalan tikus untuk menuju ke kawasan wisata Embung Kledung. Kondisi jalan setapak ini masih sangat alami sehingga anda harus berhati – hati ketika melewatinya. Adapun jarak dari jalan setapak ini untuk menuju ke lokasi tujuan adalah sekitar 500 m. Sedangkan untuk rute dari Wonosobo adalah dengan mengambil jalur Wonosobo – Temanggung via Kretek. Tiba di daerah perbatasan Temanggung – Wonosobo setelah melalui pintu gerbang (gapura) maka anda akan bertemu dengan kuburan di kiri jalan. Masuk saja melalui jalan setapak setelah kuburan tersebut dan ikuti tanda panah tersedia hingga tiba di Embung Kledung. Sedangkan dari pusat Kota Temanggung membutuhkan jarak tempuh sekitar 37 menit atau 20 Km menuju ke lokasi.  

Harga Tiket Masuk Ke Embung Kledung Temanggung  

Untuk harga tiket masuk ke kawasan wisata Embung Kledung saat ini adalah sebesar Rp. 2000 per orang ditambah biaya parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp. 2000 dan mobil / bus – bus pariwisata sebesar Rp. 4000. Juga dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 4000 per orang.  

Apa Yang Menjadi Daya Tarik Dari Wisata Alam Embung Kledung ?  

‘Sunrise’ dan ‘sunset’ yang anda tonton dari daerah ini adalah terbaik di Jawa Tengah. Maka dari itu disarankan untuk mengunjungi objek wisata ini ketika pagi hari pada pukul 5.30 atau sore hari saat matahari mulai terbenam merupakan spot terbaik untuk melakukan foto – foto selfie. Jam buka dari Embung Kledung adalah antara 05.30 s/d 18.00.   

Di sini juga merupakan salah satu spot terbaik untuk melakukan ‘camping’ dimana sudah mulai dilakukan oleh kelompok pelajar dari Jawa dan luar pulau.  

Tempat Wisata Lain Wajib Dikunjungi Di Temanggung 

Ada banyak kawasan wisata alam di Kabupaten Temanggung bisa anda kunjungi ketika tiba hari libur atau anda sedang mengambil cuti besar untuk melakukan perjalanan liburan yang menyenangkan bersama dengan keluarga, yang terbagus menurut versi kami rangkum dari berbagai sumber berita adalah sebagai berikut :  

1/Kawasan Wisata Alam Jumprit Temanggung 

Desa Jumprit merupakan sebuah desa kecil yang terletak di Kecamatan Ngadirejo banyak menyimpan pesona alam yang masih alami berada pada dataran tinggi sekitar 800 mdpl atau tepat di kaki Gunung Sindoro yang berudara sejuk. Dari pusat Kota Temanggung menempuh jarak sekitar 26 Km dengan kondisi jalan mulus beraspal namun agak berkelok – kelok. Sangat mudah menemukan area untuk melakukan kegiatan berkemah bagi kelompok pelajar karena di sekitar desa di kelilingi oleh kawasan hutan lindung yaitu hutan pinus. Menurut catatan sejarah, desa ini pada zaman dahulu pernah dipilih sebagai tempat untuk pengasingan raja terakhir Kerajaan Majapahit hingga menjadi sebuah desa untuk menyembuhkan beragam penyakit. Alamat kawasan wisata ini adalah di wilayah Ngadirejo, Tegalrejo daerah Temanggung di Kabupaten Jawa Tengah, 56255.  

2/Tempat Wisata Monumen Meteorit Temanggung 

Ini adalah salah satu kawasan wisata unik di Temanggung karena hanya berada di daerah ini saja. Namanya adalah Monumen Meteorit dibangun dengan tujuan untuk mengingat adanya peristiwa alam berupa jatuhnya meteor berukuran cukup besar di Desa Wonotirto pada hari Jumat tanggal 11 Mei 2001 jam 09.00 pagi. Benda langit ini berjumlah 2 buah yang selanjutnya di simpan untuk kebutuhan penelitian lalu – lintas meteor yang disimpan di gedung Institut Sains dan Tehnologi ‘Akprind’ Kota Yogyakarta. Pada tahun 2010, batu meteor bersangkutan dikembalikan kepada Pemerintahan Kabupaten Temanggung untuk selanjutnya di simpan di Kantor Bupati Temanggung yang saat ini dibuka untuk umum / kunjungan wisatawan yang ingin mengetahui tentang kondisi daerah yang pada zaman dahulu terkena bencana alam berupa kejatuhan meteor. Alamat lengkap adalah di Wunut – Wonotirto, Bulu, Temanggung, Jawa Tengah, 56253. 

3/Tempat Wisata ‘Pikatan Waterpark’ Temanggung 

Pikatan Waterpark adalah kawasan wisata air buatan yang menyuguhkan wahana berupa wisata tirta mulai dari penyediaan kolam bermain bagi anak – anak hingga kolam renang untuk orang dewasa. Fasilitas lainnya adalah ‘waterboom’, ‘flying fox’, jembatan goyang, ember tumpah dan objek wisata kuliner.  

Mendekati bulan Ramadhan, di kawasan wisata ini biasanya digelar pertunjukan berupa Gebyar Padusan Pikatan yang menampilkan beragam atraksi kesenian patut untuk anda tonton. Pikatan Waterpark memasang harga tiket masuk per orang adalah sebesar Rp. 6000 pada hari – hari umum dan Rp. 7000 pada hari libur / ‘weekend’. Namun karena kunjungan akhir – akhir ini menjadi membesar maka oleh pihak pengelola memasang harga tiket baru yaitu per orang  adalah  sekitar Rp. 10.000. Tempat wisata ini sangat mudah untuk dijangkau karena lokasinya berada di dekat pusat Kota Temanggung yaitu sekitar Jalan Raya Pikatan, Mudal, Temanggung / Kompleks Pikatan Waterpark RT. 5 / RW. 5 Jawa Tengah, 56228. 

4/Kawasan Wisata Curug Lawe Temanggung 

Berlokasi di Desa Muncar Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Curug Lawe merupakan salah satu air terjun dangkal yang terletak di kaki Gunung Ungaran, konon air terjun ini dinamakan Curug Lawe karena kondisi air dari air terjun ini menjuntal seperti memberikan kesan untaian benang dalam jumlah ribuan hingga membentuk kabut tipis berawan berwarna putih dimana dalam Bahasa Jawa, lawe mengandung makna benang yang sangat halus. Kondisi Curug Lawe berlainan dengan kebanyakan curug di Indonesia karena suasana alam di sekitarnya masih sangat alami sehingga belum terganggu dengan aktivitas paket wisata dan sampah seperti di pusat kota. 

5/Kawasan Wisata Taman Kartini Temanggung 

Seperti halnya Kota Surabaya yang banyak memiliki taman indah, Temanggung memiliki sebuah taman bermain anak – anak bernama Taman Kartini yang berlokasi di pusat Kota Temanggung tepatnya di Jalan Secang – Temanggung No. 119, Kowangan, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung. 

Taman Kartini cocok bagi anda dan keluarga untuk melakukan acara liburan bersama atau sekedar beristirahat dan bersantai untuk menenangkan pikiran sambil menyaksikan pemandangan taman kota dan membiarkan anak – anak bermain di tempatnya.  

6/Kawasan Wisata Candi Gedong Songo Temanggung 

Apabila Kota Yogyakarta memiliki Candi Prambanan, maka Kota Temanggung mempunyai Candi Gedong Songo berlatarbelakang alam terbuka sekitar yang masih alami. Tempat ini pas difungsikan sebagai salah satu kawasan wisata spiritual dan edukasi yang menyuguhkan kombinasi antara wisata sejarah sekaligus wisata alam yang cantik, Candi Gedong Songo merupakan tempat wisata alam spiritual yang tepat untuk dikunjungi bagi keluarga guna menemukan tempat wisata yang sekaligus bisa berfungsi sebagai media untuk mendidik anak – anak agar lebih dekat dengan alam dan dapat memaknai kegiatan doa yang dilakukan setiap hari. Kawasan wisata ini berlokasi di daerah perbatasan antara Kota Semarang dan Temanggung. 

7/Kawasan Wisata Alam Posong Temanggung 

Kawasan wisata ini merupakan salah satu tempat wisata alam di Temanggung yang baru populer beberapa bulan lalu. Tempat ini menyuguhkan pesona alam pegunungan yang letaknya cukup strategis yaitu berada di daerah Padang Safana Kledung di kaki Gunung Sumbing terlihat indah terutama ketika hari menjelang pagi atau saat sore menjelang petang. Padang Safana Kledung membelah di tengah – tengah antara Gunung Sindoro dimana pada waktu sore hari ketika cuaca sedang cerah anda akan disuguhkan oleh pemandangan alam berupa ‘golden sunset’ dengan kondisi matahari mengeluarkan sinar cukup cerah membelah kedua gunung di belakangnya sehingga memunculkan siluet senja dengan sunset yang sangat menggoda untuk anda abadikan dari berbagai sudut pengambilan kamera kesayangan anda. Pada beberapa pos peristirahatan, kawasan wisata ini menyediakan gazebo tradisional bagi para pengunjung untuk dapat beristirahat sejenak agar semakin nyaman untuk menikmati panorama keindahan alam di sekitaran kawasan wisata alam ini. Bagi kelompok remaja dapat mencoba bermain flying fox atau sekedar jalan – jalan santai guna menikmati udara sejuk pegunungan yang dihiasi oleh hijaunya pepohonan hutan dan area perkebunan buah – buahan khas Jawa Tengah. Alamat : Posong, Tlahap, Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, 56264. 

8/Kawasan Wisata Kledung Pas Temanggung 

daerah Kledung Pas Temanggung ini merupakan jalur utama penghubung antara Kota Temanggung dengan Wonosobo sehingga kawasan wisata alam ini patut untuk anda singgahi apabila kebetulan melewatinya. 

9/Tempat Wisata : Candi Pringapus Temanggung 

Masih berlokasi pada kecamatan yang sama, terdapat bagian situs peninggalan sejarah berupa Candi Pringapus Temanggung yang berusia sangat tua terletak di Desa Pringapus Kecamatan Ngadirejo berjarak sekitar 22 Km dari pusat Kota Temanggung. Di dekat area candi ditemukan prasasti yang diketahui dibangun sekitar tahun 850 masehi. Kawasan wisata candi ini pas difungsikan sebagai objek wisata edukasi untuk kelompok pelajar dimana ketika sedang ada musim liburan, jumlah kunjungan menjadi dua kali lipat yang umumnya didominasi oleh para pelancong dari seluruh Indonesia dan turis asing yang menjadikan kawasan wisata ini semakin terkenal akhir – akhir ini. Alamat lengkapnya adalah Pringapus, Ngadirejo, Pringapus, Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, 56193. 

12/Tempat Wisata Curug Onje Temanggung 

Curug Onje berlokasi di Desa Duren Kecamatan Bejen, berjarak cukup jauh dari pusat Kota Temanggung yaitu membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam berkendaraan untuk menuju ke lokasi wisata dimana di sekitar kawasan wisata ini belum tersedia fasilitas parkir yang memadai sehingga kendaraan dapat dititip pada halaman rumah – rumah penduduk sekitar kawasan wisata lalu perjalanan menuju ke Curug Onje dilanjutkan dengan jalan kaki menyusuri jalan – jalan setapak melalui kawasan hutan lindung dan perkebunan / ladang sayur dan buah – buahan milik warga. Curug Onje adalah sebutan untuk 7 tingkat air terjun dangkal yang berada di sepanjang aliran sungai besar berair tenang di Desa Duren dimana hingga sekarang memiliki potensi wisata yang layak untuk digali menjadi lebih optimal karena memiliki keindahan alam yang sangat cantik dan unik memungkinkan suatu hari nanti kawasan ini menjadi salah satu bagian utama dari tujuan wisata terpopuler di Temanggung. 

13/Kawasan Wisata Curug Merak Temanggung 

Yang terakhir adalah kawasan wisata alam Curug Merak yang terletak di Kabupaten Temanggung di Dusun Ndawe, Desa Sidoharjo, Kecamatan Candiroto.  

Akses untuk menuju ke tempat ini masih sulit untuk dilakukan sehingga kawasan wisata ini agak jarang dikenal oleh para wisatawan dari luar daerah. Curuk Merak menyimpan pesona alam yang masih perawan dimana di bagian bawah Curug mengalir sungai yang dapat difungsikan untuk memancing ikan – ikan sungai merupakan salah satu kegiatan seru yang dapat anda lakukan di sini selain berkemah di pinggir Curug Merak. Bagi anda yang berada di luar Kota Temanggung maka untuk menuju ke lokasi wisata ini bisa menempuh perjalanan dari alun – alun Kota Temanggung menuju ke Kecamatan Parakan hingga tiba di Kecamatan Gemawang dan dilanjutkan menuju ke Desa Kemiriombo dan Desa Sidoharjo di Dusun Ndawe.  

Nah sudah puas jalan – jalan keliling beberapa tempat wisata terbaru di daerah Temanggung dan mengumpulkan sebanyak – banyaknya foto – foto kenangan di Embung Kledung ? Maka rencana liburan selanjutnya bisa diarahkan menuju ke daerah Jogja atau Klaten dimana di sepanjang perjalanan yang cukup panjang tersebut anda dapat beristirahat sejenak guna mengunjungi salah satu tempat makan khas masakan pedesaan seperti di Warung Wedang Kopi Prambanan yang menawarkan tempat makan bernuansa klasik sebagai tempat yang asyik untuk berburu objek wisata kuliner berlatarbelakang view pemandangan alam sekitar warung yang ‘instagenik’. Warung Wedang Kopi Prambanan terletak tak jauh dari Candi Prambanan yaitu tepatnya di Jalan Prambanan – Manisrenggo No. 16 Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten. Membutuhkan waktu sekitar 55 menit dari pusat Kota Jogja, anda harus berangkat pada waktu pagi hari karena warung ini buka antara pukul 9.30 pagi hingga jam 10.00 malam.  

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang kawasan wisata Embung Kledung, wisata alam terbaru di Temanggung, semoga bermanfaat bagi para pembaca dan selamat liburan.  


Author
Nila

Suka menulis dan membaca

Komentari
  • 1 komentar
Silahkan login untuk berkomentar

Daffa 020
Daffa 020 23 Januari 2020 01:04 wib
Wisata murah yang sangat menarik
Komentar lainnya