5 Tips Jitu Cara Mengatasi Insomnia yang Terbukti Ampuh

5 Tips Jitu Cara Mengatasi Insomnia yang Terbukti Ampuh

Insomnia atau kesulitan tidur merupakan sebuah gangguan yang dapat dirasakan bagi siapa saja. Dari yang muda hingga orang tua.


Tak jarang banyak orang yang berlomba-lomba untuk mengatasi Insomnia dengan cara apapun. Seperti minum obat tidur, Misalnya.


Dengan meminum obat tidur mereka beranggapan bahwa cara ini merupakan yang ampuh, namun ternyata anggapan itu salah.


Dengan meminum obat tidur secara terus menerus maka orang tersebut akan mengalami kecanduan. Tentu hal ini tidak baik.


Namun ada beberapa cara yang efektif mengatasi Insomnia tanpa mengkonsumsi obat tidur. Penasaran? Berikut beberapa tips Jitu cara mengatasi insomnia yang telah penulis siapkan untuk kamu.

1. Berolahraga Secara Teratur 

ogging-2343558-1280-4f64f96960edc2cf241ed1f4d64561b8-1.jpeg

Berolahraga menjadi salah satu tips Jitu yang terbukti ampuh. Melakukannya secara teratur dapat membantu kamu mengatasi masalah dengan tidur atau Insomnia. Lakukan Olahraga pada saat pagi hari dan lakukan secara teratur. 


Dengan melakukan olahraga secara teratur, secara langsung kesehatan kamu akan menjadi lebih optimal dan tentu tubuh dapat melawan Insomnia dan membuat tidur lebih nyenyak.

2. Mandi Air Hangat Sebelum Tidur 

ath-465577-1280-98ddedde354678f414de7e1c3b269edb.jpeg

Melakukan aktifitas mandi sebelum tidur menjadi pilihan yang tepat. Mandilah dengan air hangat saat menjelang 30 menit atau 1 jam sebelum tidur.


Dengan mandi air hangat dipercaya akan menimbulkan efek sedasi atau lebih tepatnya merangsang tidur.


Disamping itu, mandi air hangat juga mengurangi ketengangan tubuh dan dapat menjadi lebih rileks sehingga tidur pun pulas.

3. Rapihkan Tempat Tidur 

xels-photo-3209035-f3c210e5f20096728a06b4483d7fcc78.jpeg

Kasur atau tempat tidur ternyata juga dapat memengaruhi kualitas tidur loh!. Oleh karena itu kamu jangan menganggap sepele hal ini.


Rapihkan Tempat tidur kamu dan bersihkan ruang kamar kamu selalu setiap hari.


Perlu di ketahui, bahwa tidur di atas kasur yang keras dapat membuat seseorang sulit untuk tidur. Banyak alasannya, seperti tidak nyaman, adanya rasa sakit akibat kasur yang tidak empuk dan hal lainnya.


Oleh karena itu, pilihlah kualitas kasur yang akan kamu gunakan untuk tidur. Agar kamu mendapatkan kualitas tidur yang baik.

4. Ngemil Sebelum Tidur 

opcorn-lezat-6145d1a74b632d4bea2c652c0e545546-3.jpg

Mengkonsumsi kudapan atau makanan ringan menjadi cara yang termudah dan efektif untuk di lakukan.


Namun cara ini terkadang sulit untuk di lakukan bagi sebagian orang yang selalu menjaga tubuh dan berat badannya agar selalu ideal.


Berbeda jika kamu yang mengalami Insomnia. Hal ini malah sangat disarankan. Dengan mengkonsumsi makanan ringan sebelum tidur dipercaya dapat membuat seseorang lebih cepat merasa kantuk.


Beberapa camilan yang dapat kamu makan seperti; coklat, roti atau makanan ringan lainnya yang tidak mengandung banyak karbohidrat.

5. Minum Susu Hangat Sebelum Tidur 

xels-photo-1435706-4c64b74f537c6f5c5b91c0ab5f399733-1.jpeg

Selain ngemil, kamu juga bisa mengkonsumsi minuman hangat lainnya seperti susu, Misalnya.


Bagi sebagian banyak orang dengan meminum susu hangat sebelum tidur terbukti dapat membuat tubuh serasa lebih rileks dan cepat mendatangkan kantuk.


Nah itu tadi sederet Tips Jitu yang terbukti ampuh untuk mengatasi Insomnia. Selain beberapa cara di atas, hal yang terpenting adalah kedisiplinan. Atur pola tidur kamu dan selalu disiplin. 



Author
Adan alviansyah

Create Your Article and Get Your Dream

Komentari
  • 0 komentar
Silahkan login untuk berkomentar

Belum ada komentar