Cara Memelihara Ikan Arwana di dalam Aquarium

Cara Memelihara Ikan Arwana di dalam Aquarium

Cara Memelihara Ikan Arwana di dalam Aquarium - Para pecinta ikan hias tentu tahu mengenai ikan arwana. Ikan arwana merupakan salah satu ikan hias yang dipelihara sebagai hobi atau sebagai pembawa “keberuntungan”.

Ikan arwana memang dipercaya oleh sebagian masyarakat sebagai ikan pembawa keberuntungan. Ikan hias ini tidak hanya terkenal di Indonesia namun juga sampai ke luar negeri.

Ikan arwana terkenal akan warna dan coraknya yang indah serta gerakannya yang menawan saat sedang berenang. Ikan arwana pun tergolong jenis ikan yang bisa bertahan hidup lama.

Dari beberapa jenis ikan arwana, salah satu yang terkenal adalah ikan arwana merah yang harganya paling murah berkisar antara 2 juta hingga 3 juta rupiah untuk anakan. Sedangkan harga ikan arwana dewasa bisa mencapai sekitar 48 juta rupiah. Sejak kemunculannya, harga ikan arwana tak pernah turun dengan drastis.

Itulah alasan mengapa sampai sekarang ikan arwana masih diburu. Namun tentu saja saat memutuskan memelihara ikan arwana, kita tak ingin agar ikan arwana yang telah dibeli dengan mahal mati karena salah perawatan bukan? Agar hal tersebut tak terjadi, perlu dipersiapkan beberapa hal sebelum memutuskan merawat ikan arwana.  

Hal pertama yang perlu dipersiapkan tentu saja akuarium. Akuarium tempat ikan arwana harus dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti aerator yang berguna untuk menyuplai udara ke akuarium sekaligus mendorong sisa pernafasan ke luar dari akuarium.

Perlengkapan selanjutnya yang dibutuhkan adalah heater atau alat pemanas serta termometer untuk mengontrol suhu. Filter juga dibutuhkan untuk menyaring air yang ada di akuarium dan yang terakhir adalah lampu untuk menyinari akuarium. Ikan arwana juga perlu diberikan makanan yang bervariasi seperti kelabang, udang, lipan ataupun jangkrik.

Ikan arwana bisa hidup pada suhu 25-27ºC sehingga penting bagi pemilik ikan arwana untuk mengontrol suhu air di akuarium.

Selain itu, air di akuarium juga harus sering diganti setidaknya 2 hari sekali untuk air dengan volume 10% dari air akuarium serta penggantian air secara keseluruhan tiap 3 bulan sekali.

Ikan arwana biasanya senang bersembunyi di bawah tanaman air. Sehingga kita perlu menyediakan tanaman air di dalam akuarium.

Author
Elfi

Komentari
  • 0 komentar
Silahkan login untuk berkomentar

Belum ada komentar