Cara Budidaya Tanaman Tomat Dalam Pot

Cara Budidaya Tanaman Tomat Dalam Pot

Cara Budidaya Tanaman Tomat Dalam Pot - Tomat adalah salah satu jenis tanaman sayuran yang memiliki banyak sekali manfaat dan terkenal dengan kandungan nutrisinya sangat berlimpah.

Selain digunakan sebagai bahan masakan, tomat sendiri dapat dibuat menjadi berbagai olahan seperti jus, saus dan lain sebagainya. karena permintaan pasar yang banyak, tanaman ini banyak dibudidayakan oleh para petani, sebab tanaman ini memiliki nilai ekonomis dan cara pembudidayaannya yang bisa dilakukan dirumah serta tidak memerlukan ladang yang luas.

Berikut ini adalah cara budidaya tomat yang bisa dilakukan dirumah dengan media pot ataupun polybag.

A. Alat dan Bahan

Adapun alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk budidaya tomat di rumah antara lain :

1. Benih tomat terbaik yang terbebas dari hama serta penyakit

2. Pot atau Poly Bag

3. Media tanam. Berupa kombinasi tanah, arang sekam dan kompos dengan perbandingan 2:1:1

B. Proses penyemaian Bibit Tomat

Sebelum melakukan penanaman pada pot atau poly bag, sebaiknya lakukan penyemaian bbit tomat pada media semai yang terdiri dari bedengan-bedengan. Usahakan menempatkan media semai pada tempat yang tidak terkena sinar matahari ataupun hujan secara langsung.

Siram media semai secara teratur menjaga kelembaban pada media semai. Dengan demikian benih tomat akan cepat tumbuh.

Setelah bibit berusia 2 minggu, maka anda dapat memberikan pupuk untuk merangsang pertumbuhan bibit tersebut. Pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk kompos atau pupuk buatan pabrik. Bibit tomat tersebut baru siap dipindahkan ketika usianya sudah mencapai 1 bulan.

C. Proses penanaman dan perawatan

Setelah bibit memiliki usia yang cukup, bibit tersebut dapat langsung dipindahkan pada pot yang sudah disiapkan.

Cara pencabutan bibit dari media semai perlu dilakukan secara perlahan-lahan agar akar tomat tidak rusak atau putus, jika perlu lakukan penyiraman pada meida semai agar bibit lebih mudah dicabut.

Setelah bibit tomat berhasil dipindahkan, diperlukan perawatan yang rutin untuk menjaga tumbuh kembang pohon tomat.

Untuk beberapa hari pertama, perlu dilakukan penyiraman rutin guna menghindari kekurangan air pada pohon tomat. Setelah itu tomat relatif tidak membutuhkan banyak air sehingga cukup dilakukan penyiraman sebanyak 2 hari sekali saja.

Yang jangan sampai terlewatkan adalah untuk memberikan penyangga berupa kayu atau tongkat agar pohon tomat dapat tumbuh secara tegak. Agar proses pembuahan semakin cepat, diperlukan pemangkasan tunas baru secara rutin.

Pemberian pupuk kompos juga diperlukan untuk memberikan nutrisi yang cukup pada pohon tomat.

Author
Elfi

Komentari
  • 0 komentar
Silahkan login untuk berkomentar

Belum ada komentar