Cara Budidaya Ayam Joper

Cara Budidaya Ayam Joper

Cara Budidaya Ayam Joper - Pernah mendengar istilah ayam joper? Ayam joper atau yang biasa dikenal dengan ayam jowo super merupakan jenis ayam yang dihasilkan dari hasil persilangan ayam kampung jantan dengan ayam betina petelur atau broiler.

Budidaya ayam joper memang menjadi tren tersendiri di kalangan masyarakat, selain memang memiliki banyak keuntungan, ayam joper sendiri tidak memerlukan banyak waktu dalam proses budidayanya.

Beternak ayam joper diperkirakan memiliki waktu panen yang lebih cepat, harganya pun relatih stabil dan cukup tinggi di pasaran. Ayam joper memiliki sifat unggul yang merupakan hasil keturunan dari para indukannya, seperti memiliki daging yang lezat dan tubuh yang kuat karena berasal dari ayam kampung serta bertubuh gemuk dan perkembangbiakannya cepat karena berasal dari ayam betina broiler.

Adanya keunggulan inilah yang membuat ayam joper ini memiliki atau dapat dipatok dengan harga yang cukup tinggi di pasar. Beberapa cara yang bisa dilakukan dalam membudidaya ayam joper antara lain: 

1. Siapkan kandang. Pastikan peternak memahami ukuran kandang haruslah sesuai dengan populasi ayam yang menempatinya. Bila terlalu sesak, tentu ayam pun tidak akan nyaman. Pastikan pula bahwa kandang ayam jauh dari pemukiman warga dan banyak tersedia fasilitas air serta tertutup dari panasnya matahari. Sehingga ayam pun tidak merasa tersiksa.

2. Pilihlah bibit ayam joper yang berkualitas. Pemilihan bibit diawal budidaya kan sangat berperan penting pada yang dihasilkan nantinya. Bibit ayam joper yang berkualitas adalah yang secara fisik sehat, badannya tegap, bulunya bersih dan bersinar.

3. Pastikan pemberian pakan yang sesuai, dan pemberian nutrisi secara rutin. Dari pakan yang baik inilah yang juga akan menjadi penentu kualitas ayam joper yang baik pula. Perhatikan setiap ayam dengan baik, apakah memiliki nafsu makan yang sama, bila tidak, maka perlu diperiksa apakah ayam tersebut memiliki penyakit tertentu atau lainnya.

4. Pemberian vitamin dan vaksin juga penting untuk dilakukan.

5. Lakukan pemeriksaan secara rutin. Bila ayam terindikasi memiliki penyakit tertentu untuk segera ditangani dengan baik. Pastikan pula kebersihan kandang dan cukupnya udara agar tidak terjadi sarang penyakit dikandang tersebut.

6. Dalam melakukan panen, ayam joper yang siap panen biasanya ayam yang telah memasuki usia 6 minggu dengan kisaran berat bisa mencapai 1 kg.

Author
Elfi

Komentari
  • 0 komentar
Silahkan login untuk berkomentar

Belum ada komentar