Bentuk dan Hasil Akomodasi

Bentuk dan Hasil Akomodasi

Istilah akomodasi terasa tidak asing di telinga. Bahkan, istilah ini diucapkan di berbagai bidang kehidupan. Baik yang berhubungan dengan kehidupan sosial, ekonomi dan psikologi. Bahkan, kata akomodasi juga ditemukan pada teori konflik dan pariwisata.  

Pertanyaannya adalah apakah pengertian akomodasi? Nah, untuk menjawabnya, berikut kami jelaskan pengertian akomodasi secara lengkap. Sedangkan di akhir nanti, kami kupas juga tentang bentuk dan hasilnya.

Pengertian Akomodasi

Menurut ilmu sosial, akomodasi adalah solusi dalam menyelesaikan konflik masyarakat. sebuah jalan penyelesaian ketika ada dua kelompok yang sedang berselisih paham.

Lain lagi menurut teori pariwisata. Akomodasi merupakan sarana pelesir yang bisa digunakan oleh para wisatawan. Yang tergolong akomodasi menurut pengertian ini adalah hotel, jasa transportasi, biro wisata dan lain lain.

Pengertian Akomodasi Secara Khusus

Nah, dari narasi definisi akomodasi yang berbeda, bisa disimpulkan kalau pengertian akomodasi adalah pemberian solusi kepada masyarakat yang sedang konflik, supaya mereka bisa mengakhirinya dengan nyaman dan tenang.

Bentuk Bentuk Akomodasi

Setelah saya menjelaskan tentang pengertian, berikut kamu kupas tentang bentuk bentuk akomodasi. Ini dia penjelasannya, yaitu:

1. Coercion

Coercion merupakan bentuk akomodasi yang strateginya adalah melakukan pemaksaan dalam menyelesaikan konflik. Hal ini bisa dilakukan, jika salah satu pihak yang bertikai berada pada posisi lemah.

2. Kompromi

Kompromi adalah bentuk akomodasi yang paling umum. Yaitu kegiatan mendamaikan dua kelompok yang bertikai dengan cara lembut dan humanis.

3. Arbitrasi

Bentuk yang ketiga adalah arbitrasi. Proses ini sama dengan kompromi. Yang membedakan adalah untuk arbitrasi, akomodasinya diberikan oleh orang luar yang tidak ikut di dalam konflik.

4. Konsiliasi

Konsiliasi merupakan bentuk akomodasi yang di dalamnya terdapat strategi penyelesaian masalah dengan cara menampung keinginan pihak yang bertikai. Nantinya, keinginan tersebut disinkronisasikan sehingga terjadilah kesepakatan.

Hasil Akomodasi

Jika akomodasi dilakukan dengan baik, tentu hasil yang dicapai juga memuaskan. Berikut ini, hasil hasil akomodasi yang menjadi tujuan dilakukannya proses penyelesai konflik ini, yaitu:

  1. Interaksi sosial kembali normal
  2. Keadilan hak personal merata
  3. Pandangan positif rakyat terbangun
  4. Jiwa manusia terpuaskan dan haknya terpenuhi
  5. Bersedia melaksanakan kewajiban

Author
Elfi

Komentari
  • 0 komentar
Silahkan login untuk berkomentar

Belum ada komentar