Arti Ambigu adalah

Arti Ambigu adalah

Arti Ambigu adalah - Interpretasi yang kabur atau suatu hal atau memiliki makna lebih dari satu disebut sebagai ambigu. Sedangkan ambiguitas adalah penyebutan bagi suatu hal yang memiliki dua makna atau penafsiran ganda.  

Ambiguitas merupakan hal yang kerap kita temukan. Entah dari buku fiksi yang kita baca, film yang kita tonton, maupun dari perilaku atau kalimat yang dilontarkan orang di sekitar kita. Saat hal tersebut tak bisa langsung ditangkap apakaah maksudnya atau saat dia memiliki dua makna, berarti hal tersebut bersifat ambigu. Ambiguitas dapat terlihat dari akhir cerita pada film berikut :

Badai salju serta terlalu lama terperangkap di dalam hotel dengan akses ke dunia luar yang terputus, membuat pemikiran Jack Torrance semakin dipenuhi ketakutan.

Perilakunya pun berubah makin bengis. Teror yang sebelumnya hanya berupa fragmen-fragmen mulai berubah menjadi ketakutan panjang yang mencekam di dalam hotel yang berada jauh di pegunungan. Namun, teror yang membuat pengalaman tinggal di hotel megah menjadi sebuah bencana justru disebarkan oleh Jack kepada anak dan istrinya.

Di tengah situasi kejar-kejaran dan upaya menyelamatkan nyawa oleh istri dan anak Jack, adegan terakhir justru ditutup dengan kamera mengarah ke foto yang ada di lobi hotel. Foto tersebut diambil pada awal 1900 dengan Jack sebagai salah satu orang yang ada di foto tersebut. Padahal Jack yang sedang mengejar-ngejar istrinya hidup di tahun 1975.

Pertanyaan yang kemudian muncul adalah apakah Jack merupakan reinkarnasi dari orang yang ada di foto, ataukah kejadian yang ada di dalam hotel hanyalah pengulangan dari masa lalu?.

Ditambah lagi dengan dialog yang terjadi antara Jack dengan salah satu pramusaji hotel, yang juga diragukan keberadaannya secara nyata mengingat yang saat itu tinggal di hotel hanyalah Jack serta istri dan satu anak lelakinya. Pramusaji itu mengatakan bahwa Jack adalah penjaga yang baik. Lantas berapa lamakah pramusaji ini telah mengenal Jack?

Adegan di atas merupakan akhir cerita dari film The Shining garapan Stanley Kubrick. Diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Stephen King. Adegan tersebut membuat banyak penonton bertanya-tanya mengenai siapakah Jack, bagaimanakah nasibnya, bagaimana dia bisa berperilaku sangat kejam. Terdapat banyak interpretasi mengenai akhir dari film ini yang membuat akhir cerita ini menjadi ambigu.

Author
Elfi

Komentari
  • 0 komentar
Silahkan login untuk berkomentar

Belum ada komentar