5 Keunggulan Kebun Raya Bogor sebagai Tempat Wisata

5 Keunggulan Kebun Raya Bogor sebagai Tempat Wisata

Salah satu destinasi wisata favorit di kota Bogor adalah Kebun Raya Bogor (KRB). Kebun Botani yang paling populer di Indonesia ini terletak di pusat kota Bogor, tepatnya di Jl. Ir. H. Juanda , dengan luas mencapai 87 hektar dan memiliki sekitar 15.000 jenis pohon dan tumbuhan. 

Sebagai destinasi wisata, Kebun Raya bogor ramai tiap harinya, terutama saat masa liburan. Ribuan orang berkunjung ke Kebun Raya Bogor dari seluruh Indonesia. Timbul pertanyaan: Mengapa Kebun Raya Bogor, yang adalah “kebun”, banyak diminati wisatawan? Ternyata KRB bukan sekedar “kebun”. Namun setidaknya punya 5 keunggulan sebagai obyek wisata, berikut ulasannya:

1. Tempat rekreasi sekaligus edukasi

Kebun Raya Bogor bukan sekedar tempat rekreasi, tapi juga bisa jadi wahana edukasi tentang berbagai jenis pohon dan tumbuhan. Karena di dalamnya terdapat pohon-pohon besar berusia ratusan tahun. Contohnya, pohon Litci Chinensis Sonn, sejenis pohon Leci yang konon ditanam sejak jaman Baron Van Der Capellen, seorang Gubenur Hindia Belanda di era 1800-an. Dan ratusan pohon lainya yang usianya sudah lebih dari satu abad. Selain jenis pohon, di Kebun Raya Bogor juga terdapat koleksi tanaman obat, tanaman buah, dan berbagai jenis bunga Anggrek. Terdapat juga tanaman-tanaman unik seperti Kaktus, Teratai, dan Bunga Bangkai. Semua itu  adalah obyek pemandangan yang indah sekaligus edukasi murah tentang botani.

2. Tempat kumpul-kumpul yang nyaman

Karena lahannya luas, pepohonannya  rindang, dan udaranya bersih, Kebun Raya Bogor menjadi tempat favorit untuk kumpul santai. Banyak keluarga atau kelompok profesi duduk bersama beralaskan tikar, bercengkrama sembari menikmati hidangan di bawah teduhnya dedaunan. Hamparan rerumputan yang luas membuat anak-anak leluasa bermain bola atau sekedar berlarian. Aneka jenis permainan sportif dan edukatif juga bisa digelar karena tersedia banyak tanah lapang.

3. Tempat joging yang asyik

KRB adalah tempat joging yang asyik. Jalan-jalan yang membelah pepohonan di dalamnya menjadi semacam jogging track yang aman dan nyaman.Jalan santai atau lari kecil di pagi hari jadi terasa bersemangat karena segarnya suplai oksigen dari pepohonan. Mata pun terasa lebih sehat dengan melihat hijaunya daun dan rerumputan.

4. Mengenal situs-situs bersejarah

Dalam area Kebun Raya Bogor terdapat beberapa situs peninggalan penjajah , seperti Monumen Lady Raffles, Prasasti Reinwardt, dan Pemakaman Belanda Kuno. Selain itu juga terdapat situs berupa makam yang konon diyakini sebagai makam Ratu Galuh, istri kedua Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran. Situs-situs tersebut kurang menambah wawasan tentang sejarah kolonial dan sejarah kerajaan di tanah Sunda.

5. Melihat tanaman-tanaman  “raksasa”

Tanaman yang dimaksud adalah seperti Teratai Raksasa, Anggrek Raksasa, Bambu Raksasa, dan Pakis Raksasa. Tanaman-tanaman itu memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari tanaman sejenisnya, sehingga disebut “raksasa’. Selain tanaman "raksasa", terdapat juga tanaman langka, yaitu Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum). Walau bunga ini hanya mekar tiap 4 tahun sekali,   namun tetap bisa menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kebun Raya Bogor.


Lima keunggulan di atas didukung  posisi Kebun Raya Bogor yang terletak di pusat kota Bogor, sehingga memudahkan akses fasilitas kenyamanan berwisata. Maka tak mengherankan jika Kebun Raya Bogor menjadi destinasi wisata favorit baik dari dalam maupun luar Bogor. Anda, yang mungkin belum pernah berkunjung ke Kebun Raya Bogor, tidak salah jika segera mengajak keluarga dan kerabat berwisata di Kebun Botani paling populer di Indonesia ini. So, buruan berangkat, tunggu apa lagi?!




Author
Budi Hariyadi

Komentari
  • 0 komentar
Silahkan login untuk berkomentar

Belum ada komentar